Cara Membuat Baterai HP Awet & Tahan Lama Saat di Gunakan

2 min read

cara agar baterai hp

Cara agar baterai hp awet saat digunakan untuk bermain game – Semua Smartphone ataupun Hp pastinya memiliki sebuah baterai di dalamnya yang di gunakan untuk menyimpan sebuah daya yang bisa di gunakan kapan saja.

Namun kita akan dibuat kesal apabila baru digunakan sebentar baterai sudah habis dan diharuskan mengecas lagi padahal waktu yang ditunggu untuk mengecas sebuah baterai sampai penuh tidaklah cepat bisa berkisar 1 jam – 3 jam untuk waktu pengecasan.

Smartphone yang baru-baru saat ini memiliki layar yang besar, RAM yang sangat besar, processor yang cukuplah cepat jadi kecenderungan anda menggunakan smartphone akan meningkat, dari kecenderungan tersebut dapat membuat umur baterai smartphone anda tidak akan bertahan lama dan cepat kembung ataupun menjadi sangatlah boros.

Baca juga : Cara Membuat Foto Hitam Putih Di Photoshop Dengan Mudah

Berikut cara agar baterai HP awet saat digunakan bermain game berat

1. Hindari bermain HP di tempat panas

cara agar baterai hp

Bermain di bawah teriknya matahari dapat membuat kecerahan layar berkurang dan membuat anda menaikan kecerahan tersebut yang dapat membuat hp anda menjadi panas dan juga akan terkena panas dari matahari itu sendiri yang dapat membuat umur baterai menjadi rendah.

Panas dari luar yaitu matahari ataupun panas ruangan dapat membuat baterai sangat berisiko rusak yang dapat membuat baterai kembung dan mudah sekali drain.

2. Jangan bermain dengan HP yang sudah cukup panas

cara agar baterai hp

Sama seperti pembahasan yang pertama HP panas juga dapat membuat baterai anda boros. Smartphone akan cepat sekali panas apabila anda memainkan game-game berat atau game dengan grafis yang cukup HD contohnya PUBG Mobile, COD M, dan masih banyak lagi.

Jika anda sudah merasakan hawa panas pada permukaan smartphone lebih baik anda sudahi bermain game tersebut dan matikan hp atau biarkan sampai dingin kembali lalu anda dapat bermain lagi.

Agar tidak selalu cepat panas coba anda matikan aplikasi yang berjalan pada background, memakai aplikasi seperlunya seperti kamera, dan bijaklah dalam menggunakan smartphone anda.

3. Atur kecerahan layar

Layar juga dapat sangat berpengaruh dalam penggunaan baterai karena jika anda memakai terlalu terang itu dapat membuat baterai sangat boros jadi jika anda berada pada tempat yang tidak cukup gelap lebih baik kurangi kecerah layar anda.

Namun apabila anda sedang diluar ruangan naikkan tingkatan kecerahan smartphone anda sampai anda dapat melihat layar kembali. Di semua hp pasti ada yang namanya auto-brightness, auto-brightness yaitu adalah apabila anda di tempat gelap maka kecerahan layar akan meredup dan apabila anda di tempat terang maka kecerahan layar akan meningkat.

Namun auto-brigtness itu sangatlah menguras baterai karena itu akan membuat layar anda otomatis gelap dan terang sendiri lebih baik anda matikan dan atur manual saja kecerahan dari layar tersebut.

4. Jangan mengecas sambil bermain hp atau game

Dengan anda bermain game lalu sambil mengecas itu akan membuat kecepatan pengecasan berkurang dan membuat hp anda bekerja ganda yaitu melakukan pengecasan dan pula bermain game tersebut yang dapat membuat hp sangat cepat panas dan membuat umur baterai berkurang dan cepat kembung.

Lebih baik jika anda ingin bermain game tunggu sampai hp anda penuh terlebih dahulu lalu barulah anda bermain game dan apabila ingin habis anda dapat mengecasnya kembali.

Baca juga : 7 Aplikasi Kamera di Android Terbaik Tahun 2020

5. Jangan menggunakan wallpaper animasi

cara agar baterai hp

Memang wallpaper animasi cukuplah bagus jika kita pandang karena bergerak-gerak, namun dari gerakan wallpaper animasi itu akan memakan cukup banyak baterai dan juga RAM.

Jika anda memakai wallpaper tersebut lebih baik dari sekarang jangan digunakan dan lebih baik gunakan wallpaper yang biasa-biasa saja.

6. Matikan Bluetooth, dan GPS

cara agar baterai hp

Banyak sekali orang yang selalu menghidupkan GPS dan Bluetoothnya padahal hal tersebut sangat dapat mengurangi baterai dengan sangat cepat karena kedua hal tersebut jika nyala akan berjalan di belakang layar sehingga akan berpengaruh pada pemakaian RAM dan juga Baterai.

Jika anda memang tidak memerlukan kedua hal tersebut lebih baik anda matikan karena akan membuat penggunaan baterai pada ponsel anda akan hemat.

7. Kurangi aplikasi yang berjalan di belakang layar

Banyak sekali aplikasi yang berjalan di belakang layar yang dapat mempengaruhi penggunaan baterai pada HP anda yaitu di ataranya : Whatsapp, Intagram, Twitter, Facebook, Line, dan masih banyak lainnya.

Jika anda menggunakan itu semua, mulai saat ini anda kurangi saja penggunaan aplikasi itu dan jika ingin menggunakannya anda dapat membukanya via google.com.

8. Atur waktu sleep HP

Semua smartphone memiliki pengaturan untuk tidur secara otomatis bila tidak di mataikan, maksud dari tidur otomatis tersebut adalah apabila anda sudah tidak memakainya lebih dari jangka waktu yang ditentukan maka hp anda akan mengkunci sendiri.

Jadi jika hp anda belum mengatur waktu sleepnya lebih baik dari sekarang di atur terlebih dahulu, waktu ideal untuk sleep adalah 1 -2 menit.

Jika kalian ingin membaca artikel inspiratif lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com