Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk

2 min read

menghilangkan virus di Flashdisk

Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk – Selain malware yang ada pada internet, terdapat juga virus yang dapat menyerang laptop, komputer, maupun tempat penyimpanan lainnya seperti Flashdisk.

Virus pastinya sangat amat mengganggu karena dapat membuat data-data penting yang ada pada perangkat komputer, laptop, ataupun penyimpanan Flashdisk dapat saja menjadi Corupt bahkan membuat data tidak dapat terbuka semua.

Baca juga : Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Selain dapat menyebabkan data-data tidak dapat terbuka atau Corupt, virus yang menyerang perangkat seperti Flashdisk dapat menularkan ke perangkat lainnya.

Hal tersebut dapat terjadi apabila kamu menggunakan Flashdisk tersebut ke perangkat komputer ataupun laptop yang sebelumnya tidak memiliki virus, yang bahasa mudahnya yaitu tertular.

Namun kamu tidak usah khawatir apabila Flashdisk kamu terkena virus, karena virus-virus tersebut dapat dihilangkan dengan berbagai macam cara, kami Kabelkusutblog.com akan memberikan beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan virus yang ada pada Flashdisk kamu.

Berikut ini Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk

Ada banyak cara yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan virus yang ada pada Flashdisk kamu, virus tersebut dapat hilang secara permanen, berikut ini beberapa caranya :

1. Scan Menggunakan Antivirus

menghilangkan virus di Flashdisk

Cara pertama dan cara yang paling mudah adalah dengan bantuan antivirus yang ada diperangkat Laptop atau Komputer kamu, banyak sekali Antivirus yang dapat kamu gunakan seperti Windows Defender, Smadav, dan antivirus-antivirus lainnya.

Langkah yang perlu kamu lakukan adalah dengan cara mencolokkan Flashdisk tersebut ke Laptop atau Komputer yang memiliki antivirus. Lalu setelah itu kamu bisa melakukan Scanning atau pemindaian pada Flashdisk itu.

Jika virus ditemukan oleh Antivirus maka kamu bisa langsung me-removenya atau delete, dan otomatis virus yang ada pada Flashdisk akan hilang 100%.

2. Dengan Menggunakan CMD (Command Prompt)

Cara kedua yaitu menggunakan Command Prompt atau biasa disebut dengan sebutan CMD. File-file yang mencurigakan yang dapat dihilangkan menggunakan CMD adalah file yang bernama autorun.inf, heap41a, svchost.exe, dan lainnya.

Apabila memang nama-nama file tersebut ada di Flashdisk kamu maka kamu bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkannya :

  1. Pertama masukkan Flashdisk kamu ke USB yang ada di Laptop atau komputer.
  2. Setelah itu lihat pada File Manager terletak dimana Flashdisk kamu berada, seperti di D:, E:, atau lainnya.
  3. Jika sudah masuk ke menu Run dengan menakan Tombol Windows + R.
  4. Ketikkan CMD pada kolom yang kosong dan ketika sudah tekan tombol OK.
    CMD
  5. Ketikan letak penyimpanan yang sebelumnya terlihat, contohnya seperti D:, E:, F;, pastikan lagi bahwa itu penyimpanan Flashdisk.
  6. Jika sudah tekan tombol Enter pada keyboard.
  7. Selanjutnya kamu hanya mengetikkan tulisan del dan dilanjutkan dengan file yang ingin dihapus, contohnya “del svchost.exe” tanpa tanda kutip.

3. Melakukan Format pada Flashdisk

Cara menghilangkan virus di Flashdisk yang ketiga yaitu dengan cara melakukan format pada Flashdisk tersebut, dengan cara ini kamu bisa membuat Flashdisk kamu menjadi kosong.

Baca juga : 2 Cara Format Flashdisk Dengan Benar Mudah dan Cepat

Namun resiko yang kamu alami apabila melakukan cara ini yaitu file-file yang sebelumnya ada pada Flashdisk akan menjadi hilang tak tersisa sama sekali. Berikut ini cara memformat Flashdisk.

  1. Colokkan Flashdisk yang ingin kamu format ke USB PC ataupun Laptop.
  2. Jika sudah buka File Manager yang ada pada perangkat tersebut.
  3. Disana kamu akan melihat nama Flashdik kamu.
  4. Klik kanan pada Flashdisk tersebut dan pilih menu Format.
    menghilangkan virus di Flashdisk
  5. Akan muncul menu Pop up, maka kamu hanya perlu menekan tombol Start saja.
  6. Tekan tombol OK, dan tunggu hingga format selesai.
    Format
  7. Apabila sudah selesai akan muncul tulisan Format Complete, klik tombol OK.
    menghilangkan virus di Flashdisk

Dengan cara tersebut kamu bisa menggunakan Flashdisk yang sebelumnya terkena virus, maka virus tersebut akan hilang secara otomatis.

4. Menghilangkan Virus di Flashdisk Menggunakan Aplikasi

Cara keempat untuk menghilangkan virus di Flashdisk yang dapat kamu gunakan apabila ketiga cara sebelumnya tidak dapat digunakan yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

menghilangkan virus di Flashdisk

Disini kami akan memberi tahu kamu cara menghilangkan virus di Flashdisk dengan menggunakan aplikasi yang bernama Isumsoft Filezero. Berikut ini caranya :

  1. Pastikan kamu telah memiliki aplikasi Isumsoft Filezero yang diunduh melalui website resminya.
  2. Setelah itu buka aplikasi tersebut.
  3. Klik pada bagian tombol Add.
  4. Pilih data-data yang ingin kamu hapus.
  5. Jika sudah tekan tombol OK.
  6. Pilih tulisan Slow Mode pada bagian Erase Selection.
  7. Dan apabila sudah tekan pada tombol Delete yang ada di kanan bawah.
  8. Akan muncul sebuah pop up kamu bisa menekan tombol OK.
  9. Tunggu hingga selesai menghapus virus-virus yang ada di Flashdisk tersebut.

Akhir kata, itulah cara untuk menghilangkan sebuah virus yang ada pada perangkat penyimpanan seperti Flashdik dengan cara yang cukup simple dan juga mudah, walaupun simple dan mudah kamu bisa menghilangkan virus tersebut secara permanen.

Baca juga : Perbedaan SSD dan HDD

Namun walaupun virus telah menghilangkan pada Flashdisk kamu, sebaiknya kamu berhati-hati lagi dalam menggunakan Flashdisk karena dapat menyebabkan Flashdisk terkena virus kembali.

Jika memang terkena virus lagi kamu bisa menggunakan 4 cara diatas. Sekian artikel ini apabila kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang tutorial lainnya kamu bisa membuka Kabelkusutblog.com.