Cara Menghilangkan Jamur di Monitor LCD Laptop

1 min read

jamur monitor LCD laptop

Cara Menghilangkan Jamur di Monitor LCD – LCD pada laptop merupakan bagian yang sangat amat penting karena jika tidak ada maka kita tidak bisa menggunakan laptop secara normal.

LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display yang berarti layar monitor yang menggunakan teknologi kristal air sebagai media refleksinya.

Untuk saat ini sudah banyak sekali yang menggunakan teknologi LCD ini seperti monitor komputer, laptop, TV, kamera, dan juga pastinya layar Hp yang kita pakai sudah menggunakan LCD.

Baca juga : Cara Cek Suhu Laptop

Jika kita sudah menggunakan teknologi LCD ini akan sangat menghemat daya daripada teknologi lainnya. Namun pastinya teknologi ini dapat mengalami kerusakan apabila kita salah merawatnya.

Yang paling sering adalah terkenanya jamur pada layar LCD tersebut, jamur tersebut akan membuat layar menjadi kusam dan pastinya akan sangat mengganggu padangan ketika sedang menggunakan Laptop atau perangkat lainnya.

Faktor yang menyebabkan jamur ini muncul adalah kelembaban yang ada pada ruangan yang ditempati si laptop, TV, atau perangkat lain sangat tinggi, selain itu jamur dapat muncul karena adanya debu yang menempel atau masuk ke LCD.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena sudah banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan jamur tersebut.

Berikut ini Cara Cara Menghilangkan Jamur di Monitor LCD Laptop

Cara Menghilangkan Jamur di Layar Laptop

jamur monitor LCD laptop

Cara pertama ini sangat berguna bagi kamu yang ingin menghilangkan jamur yang ada pada bagian depan dari layar monitor LCD laptop, caranya sangatlah mudah dilakukan bagi pemula. Berikut ini tata caranya :

  1. Pertama pastikan listrik yang mengalir ke laptop tersebut dalam keadaan telepas atau tidak terhubung, apabila masih terhubung kamu bisa mematikan latop tersebut.
  2. Jika sudah kamu bisa melihat dimana saja letak jamur yang ada pada layar laptop tersebut.
  3. Apabila letak jamur pada layar sudah terlihat maka kamu selanjutnya bisa menyiapkan kain microfiber dan juga cairan khusus yang dapat membersihkan layar monitor laptop.
  4. Basahi kain tersebut dengan cairan itu lalu usapkan secara perlahan ke bagian yang terdapat jamur tersebut hingga tidak tersisa.

Baca juga : Cara Mengatasi Video yang Buram di Instagram

Cara Menghilangkan Jamur di Layar Bagian Dalam Laptop

jamur monitor LCD laptop

Selain dapat menyerang bagian luar dari layar laptop, jamur juga pastinya dapat menyerang layar laptop bagian dalam yang pastinya akan sangat mengganggu pandangan kamu apabila sedang menggunakan laptop.

Cara membersihkannya pastinya akan sedikit berbeda daripada jamur yang ada dibagaian luar. Dan untuk bagian dalam ini kamu harus tahu bagaiman membongkar laptop. Berikut ini cara membersihkan jamur pada bagian dalam laptop :

  1. Sama seperti sebelumnya kamu harus mencabut jaringan listrik yang terhubung, dan matikan laptop tersebut.
  2. Setelah itu buka penutup case pada bagian atas motherboard (CPU), pada bagian ini kamu harus berhati-hati karena dapat menyebabkan layar kamu pecah atau rusak.
  3. Kemudian lepaskan kabel-kabel fleksibel yang menghubungkan layar laptop ke motherboard, dan bagian ini juga harus sangat berhati-hati karena jika kabel fleksibel rusak tidak akan bisa disambungkan ke motherboard lagi.
  4. Selanjutnya pisahkan LCD dengan casing laptop, dan juga pisahkan LCD dengan penutupnya.
  5. Jika sudah besihkan layar bagian dalam yang terdapat jamurnya.

Baca juga : Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus

Untuk cara ini kami menyaranakan kamu untuk membawa ke ahlinya karena jika tidak adanya pengalaman akan cukup berbahaya.

Itulah cara menghilangkan jamur di monitor LCD Laptop dengan mudah dan cepat pada bagian dalam laptop atau bagian luar laptop.

Jika kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya maka kamu bsia mengunjungi website yang bernama Kabelkusutblog.com.