Cara Cek Suhu Laptop

1 min read

cara cek suhu laptop

Cara Cek Suhu Laptop – Laptop merupakan perangkat elektronik yang sudah banyak sekali penggunanya, karena laptop akan sangat memudahkan kita dalam melakukan banyak hal contohnya seperti bekerja.

Namun apabila terlalu sering menggunakannya atau sedang digunakan dalam intesitas yang tinggi dapat menyebabkan suhu atau temperatur laptop menjadi tinggi.

Dengan tingginya suhu yang ada pada laptop maka akan dapat kita sebagai penggunanya akan sangat tidak nyaman dan pastinya akan risih.

Untuk itu kamu harus mengetahui berapa suhu yang ada pada laptop kamu tersebut dengan mengetahuinya kamu dapat tahu kapan laptop harus di istirahatkan.

Baca juga : Cara Mengatasi Video yang Buram di Instagram

Berikut ini Cara Cek Suhu Laptop

1. RealTemp

cara cek suhu laptop

RealTemp merupakan aplikasi yang berguna untuk mengecek suhu yang ada di laptop khususnya bagi pengguna processor Intel maka aplikasi yang satu ini bisa jadi pilihan kamu untuk mengecek suhu.

RealTemp dapat kamu gunakan pada semua tipe processor Intel seperti di singlecore, dualcore, quadcore, i3,i5,i7 dan bahkan yang terbaru di i9 dapat menggunakan RealTemp ini.

Pada RealTemp disediakan sebuah fitur yang dapat membantu kamu apabila suhu yang ada pada laptop sudah melebihi yang kamu inginkan.

2. HWMonitor

HWMonitor

HWMonitor merupakan aplikasi yang isinya sangat lengkap mengenai suhu yang ada pada laptop atau perangkat komputer lainnya, dan aplikasi HWMonitor ini dapat kamu unduh dan juga install secara gratis.

Dengan sangat lengkap tersebut akan membantu kamu mengetahui setiap bagian-bagian suhu yang ada di laptop.

Walaupun sangat banyak tampilan yang akan di tampilkan pada aplikasi ini namun bisa dibilang cukuplah simple dan sangat mudah untuk dipahami oleh para pengguna baru.

Baca juga : Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus

Selain mengetahui suhu yang ada pada bagian-bagian yang ada pada laptop, dengan menggunakan aplikasi ini juga kamu akan mengetahui seberapa besar watt yang nantinya dihasilkan oleh bagian tertentu.

3. Speedfan

cara cek suhu laptop

Speedfan merupakan aplikasi cek suhu laptop yang sudah lama bisa dibilang cukup jadul karena sebelum adanya Windows XP sudah ada aplikasi ini.

Jika kamu menggunakan aplikasi yang satu ini kamu bisa melihat suhu yang ada pada laptop dan juga kecepetan daripada kipas yang ada pada laptop, dan juga yang tak kalah penting kamu juga dapat melihat watt yang ada pada mesin.

Fitur yang paling bagus pada aplikasi Speedfan adalah kamu dapat mengontrol kecepatan kipas atau fan, dan juga kamu akan mendapatkan informasi apabila suhu yang ada di laptop sudah semakin tinggi atau melebihi ambang batas.

4. Open Hardware Monitor

cara cek suhu laptop

Open Hardware Monitor adalah aplikasi yang sejenis dengan HWMonitor bedanya dengan HWMonitor adalah Open Hardware Monitor dapat menampilkan processor dan GPU, informasi dari RAM, dan juga Harddisk atau SSD.

Dengan menggunakan Open Hardware Monitor kamu dapat mengcustome nama dari masing-masing bagian dan juga menyembunyikan value dan merubah offset.

Baca juga : Cara Mengatasi Kipas Laptop yang Berisik

5. CPU Thermometer

CPU Thermometer

Aplikasi terakhir yang dapat kamu gunakan untuk cek suhu yang ada di laptop adalah CPU Thermometer. Dengan aplikasi yang satu ini kamu dapa mengecek suhu yang ada pada hardware laptop.

Tampilan dari CPU Thermometer ini sangatlah simple dan pastinya akan sangat memudahkan kamu dalam menggunakannya.

Ukuran dari aplikasi CPU Thermometer ini sangatlah kecil bahkan tidak mencapai 1MB yaitu hanya berkisar 100KB – 300KB saja yang pastinya sangat kecil untuk ukuran aplikasi laptop.

Itulah 5 aplikasi yang dapat kamu pergunakan untuk cek suhu yang ada di laptop, apabila kamu ingin membaca artikel menarik lainnya kamu bisa membuka Kabelkusutblog.com.