Cara Menghemat Kuota Internet

2 min read

cara menghemat kuota

Cara menghemat kuota internet – Internet sekarang ini sudah menjadi kebutuhan bagi semua kalangan. Mulai dari yang curhat di media social, mencari informasi di Google atau Youtube, mencari barang di toko online dan bahkan anda dapat menggunakan internet untuk mencari pundi-pundi uang dengan cara menjual barang atau yang lainnya.

Namun untuk menggunakan internet kita memerlukan sebuah kuota atau data internet. Dengan adanya intenet di Hp atau PC kita pastinya kita dapat mengakses hal-hal yang saya sebutkan di atas tadi.

Namun kita kadang akan di buat kesal apabila baru saja membeli kuota dengan uang kita namun baru di pakai beberapa hari sudah tinggal sedikit atau bahkan habis.

Sehingga anda memerlukan berbagai cara untuk menghemat kuota, menghemat kuota cukuplah mudah berikut ini cara-caranya untuk menghemat kuota anda.

Cara-cara di bawah ini juga dapat kamu gunakan untuk menghemat kuota tri, xl, axis, telkomsel, smartfren, dan kartu-kartu lainnya agar kuota benar-benar hemat dan tidak boros lagi

Baca juga : 7 Aplikasi booking hotel terbaik di smartphone android

7 Cara menghemat kuota internet paling ampuh

1. Cara Menghemat Kuota Menggunakan aplikasi penghemat kuota

cara menghemat kuota

Cara menghemat kuota yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi penghemat kuota. Sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang diciptakan untuk menghemat penggunaan data internet atau kuota anda.

Berikut ini adalah aplikasi yang dapat anda gunakan untuk menghemat kuota anda : Opera Max, My Data Manager, Data Eye, Internet Speed Meter Lite, CM Data Manager, dan masih banyak yang lainnya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat anda unduh di Google Play Store atau AppStore.

2. Selektif dalam memilih browser

cara menghemat kuota

Sebuah browser dapat mempengaruhi penggunaan kuota anda karena setiap browser memiliki sebuah sistem yang berbeda yang satu dan lainnya. Browser bawaan pada android yang katanya tidak banyak memakan kuota namun browser ini adalah browser yang paling banyak menghabiskan kuota anda jika anda memakainya.

Browser yang menurut admin adalah browser paling hemat dari segi penggunaan kuota adalah Opera Mini karena opera mini dapat mengkompres situs yang anda kunjungi, dan juga menyimpan kuota internet secara primer dengan anda menggunakan fitur data-saving.

3. Matikan Sikronisasi yang Tidak di Gunakan

Banyak sekali kejadian kuota cepat habis karena hpnya melakukan sinkronisasi secara otomatis. Anda harus peka akan hal ini karena ini akan sangat membuat boros pemakaian kuota anda bahkan bisa sampai menghabiskan sisa kuota yang ada di HP anda.

Anda dapat mematikan beberapa akun yang melakukan sikronisasi otomatis yaitu dengan cara masuk ke menu pengaturan atau setting pada hp masing-masing lalu masuk ke menu Account dan di situ anda dapat mematikan akun yang melakukan sikronisasi.

4. Cara Hemat Kuota Menggunakan Maps di Mode Offline

cara menghemat kuota

Cara yang keempat adalah gunakanlah maps atau google maps pada offline mode. Ketika anda membuka maps pastinya akan menyedot banyak sekali kuota, karena kuota anda akan digunakan untuk mengload maps yang anda cari. Anda dapat mengakali hal tersebut dengan cara menggunakan maps di di mode offline atau tanpa kuota.

Selain menghemat kuota cara tersebut dapat juga menghemat penggunaan baterai pada ponsel anda. Berikut ini cara untuk mengakses mode offline pada Maps atau Google Maps, Buka aplikasi Maps -> Kemudian buka icon 3 garis -> Lalu pilih tulisan “Offline Mode” -> Lalu pilih “Select Your Own Map -> Kemudian Geser map untuk memilih lokasi -> Tap Download.

Cara tersebut akan menggunakan kuota anda sampai selesai mendownload map yang anda pilih ketika sudah selesai maka anda akan bebas mengakses map tersebut dengan bebas kuota atau tanpa kuota.

5. Manfaatkan Wi-Fi Gratis

 

free wifi

Yup, anda dapat menghemat kuota anda dengan cara menggunakan wifi yang tersedia di tempat anda atau disediakan gratis. Saat ini sudah banyak sekali wifi yang di sediakan hanya cuma-cuma atau gratis yang terdapat di Cafe, Barber, Tempat Belanja, dan masih banyak lagi tempat yang menyediakan Wi-Fi gratis yang dapat anda gunakan demi menghemat penggunaan kuota.

Baca juga : 4 Cara upload foto atau video ke Instagram melalui PC atau Laptop

6. Hapus Widget-Widget yang Tidak Perlu

Ada banyak sekali widget yang dapat mengurangi kuota anda karena dia melakukan update setiap saat contohnya yaitu widget cuaca, sikronisasi email, sistem notifikasi, dan masih banyak lagi widget yang dapat menghabiskan kuota anda.

Kenapa widget tersebut memakan kuota ?, Karena widget itu selalu berjalan di background jadi anda tidak akan merasakan bahwa widget itu akan selalu update walau hp dalam keadaan tidak di gunakan. Ada caranya untuk mengatasi widget ini agar tidak aktif lagi yaitu dengan cara : Masuk ke menu setting atau pengaturan -> Lalu ke Data Usage -> Kemudian pilih Restrict Background Data.

7. Batasi Penggunaan Data

 

Cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk menghemat kuota adalah dengan cara membatasi penggunaan data. Untuk mengaktifkan peringatan penggunaan data anda dapat mengunjungi setting atau pengaturan -> Lalu Kartu SIM & jaringan seluler -> Selanjutnya Atur Penggunaan Data, disitu anda dapat mengatur penggunaan data jika anda sudah melebihi batas yang anda atur itu dapat memunculkan sebuah notifikasi pada hp anda.

Jika kalian ingin membaca artikel Inspiratif, Tutorial lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut kabelkusutblog.com