Cara Menghapus Virus di HP

2 min read

menghapus virus di hp

Cara menghapus virus di HP – Virus merupakan hal yang paling berbahaya ketika sudah terkena pada perangkat kita seperti di PC ataupun Hp karena dapat langsung berdampak kepada data yang ada di dalam perangkat tesebut.

Selain berdampak pada data yang ada pada perangkat virus juga dapat langsung menyerang sistem yang akan mengakibatkan Hp atau perangkat lainnya akan mati total dan tidak dapat dihidupkan kembali.

Baca juga :  7 Aplikasi Pembuat Animasi

Namun dari kedua hal tersebut ada hal lain yaitu sang pembuat virus terkadang memasukkan script atapun kunci yang hanya bisa terbuka apabila kita telah membayar kepada sang pembuat virus tersebut yang akan membuat kita kesal.

Nah ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi virus tersebut apabila perangkat Hp kamu telah tersusupin oleh virus, kami dari Kabelkusutblog.com akan coba berbagi cara bagaimana mengatasi virus yang terdapat pada HP, berikut ini caranya.

Berikut ini Cara Menghapus Virus di HP

1. Langsung Menghapus Virus

menghapus virus di hp

Untuk cara ini kamu bisa menggunakan aplikasi Antivirus yang sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi Antivirus di Playstore dan dengan mudah kamu download dan install. Menggunakan aplikasi merupakan salah satu cara untuk menghapus langsung si virus, kamu bisa menggunakan aplikasi yang berbayar ataupun yang gratisan.

Biasanya ketika sudah menggunakan Antivirus dan kita membuka website atau menginstall aplikasi dari sembarang tempat yang sekiranya tempat tersebut berbahaya aplikasi Antivirus itu akan menampilkan notifikasi info bahwa situs atau aplikasi yang sedang di install berbahaya terhadap HP yang sedang kamu gunakan.

Kami menyarankan untuk kamu menggunakan Antivirus yang memiliki review yang baik dari banyak orang sehingga tidak akan membuat keraguan lagi apabila ingin menggunakannya untuk Smartphone yang kamu gunakan.

2. Hapus Aplikasi yang Terkena Virus

unistall aplikasi

Cara kedua yang cukup ampuh yaitu menghapus aplikasi yang sudah terkena virus, biasanya aplikasi yang sudah terkena virus akan memiliki ciri-ciri seperti ketika kita membuka aplikasi tersebut akan crash terus-menerus, dan ketika sedang membuka akan sangat lag pada Hp android.

Untuk menghapus aplikasi yang terkena virus tersebut kamu bisa langsung menuju Safe mode kemudian cari aplikasi yang terkena virus tersebut di safe mode selanjutnya hapus aplikasi tersebut dan hapus juga akses administrator aplikasi asing dan cara terakhir adalah keluar dari safe mode.

3. Reset HP

reset hp

Apabila HP kamu sudah sangat parah terkena virusnya dan tidak bisa melakukan apapun maka kamu bisa melakukan salah satu hal yaitu mereset HP tersebut agar menghilangkan semua virus.

Namun apabila HP kamu masih bisa membuka file manager maka kamu bisa membackup data-data yang penting yang ada pada HP agar tidak hilang dan setelah reset bisa dikembalikan ke HP.

Karena apabila kita melakukan reset pada HP data yang ada pada HP akan hilang semuanya yang membuat HP seperti baru kembali.

Baca juga : Cara Download Zoom Meeting dan Install

4. Melakukan Flash Terhadap HP

menghapus virus di hp

Cara keempat adalah dengan memflash hp tersebut, apabila kamu seorang yang sering membenarkan Hp pastinya sudah tidak asing dengan kata Flash atau Flashing ini karena cara ini memerlukan kemampuan yang cukup karena jika tidak akan selalu gagal.

Cara ini juga cukup efektif, karena akan menghapus seluruh data dan aplikasi yang ada di dalam HP kamu dan membuat HP kamu seperti baru lagi dan menghilangkan virus yang sebelumnya ada di dalam HP tersebut.

Namun perlu kamu perhatikan seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya kamu perlu mengundang orang yang sudah ahli dalam melakukan flashing karena jika belum akan bisa berakibat fatal.

5. Melakukan Install Ulang Terhadap Firmware

menghapus virus di hp

Cara terakhir adalah melakukan install ulang terhadap Firmware yang ada di dalam HP tersebut, cara ini juga dapat kamu lakukan apabila HP kamu terkena virus dan sulit untuk dibersihkan.

Untuk cara ini sama seperti cara sebelumnya kamu harus mengundang orang yang ahli karena jika tidak dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi di HP yang kamu pakai.

Itulah 5 cara yang dapat kamu gunakan untuk menghapus virus yang ada di HP, cara tersebut dapat kamu lakukan di Android maupun iOS.