Aplikasi Pembuat Animasi

3 min read

aplikasi pembuat animasi

Aplikasi Pembuat Animasi – Animasi merupakan pengolahan gambar yang dapat bergerak, pada mulanya animasi dibuat dengan cara menggambar di kertas yang kemudian di putar yang akan membuat gambar tersebut seperti bergerak.

Namun dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat maka sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang dapat menunjang untuk kamu yang ingin membuat animasi.

Baca juga : Cara Download Video di SnackVideo Tanpa Watermark (WM)

Animasi di zaman sekarang ini juga sudah dapat di pelajari oleh banyak orang dengan mengandalkan tutorial dan kemahiran dalam menggambar seseorang sudah bisa membuat sebuah animasi, namun semua itu juga harus di barengi dengan sebuah pengalaman.

Untuk orang awam pastinya bingung software atau aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk membuat sebuah animasi dari dasar hingga dapat bergerak dengan bagus dan indah.

Berikut ini 5 Aplikasi Pembuat Animasi

1. Blender

aplikasi pembuat animasi

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini, Yup Blender, aplikasi ini dapat kamu download dan install secara cuma-cuma atau gratis melalui situs resminya. Kamu dapat menggunakan semua fitur di dalamnya dan fiturnya cukuplah lengkap.

Dengan menggunakan aplikasi Blender kamu bisa membuat animasi yang setara dengan pada profesional, namun pastinya kamu harus berlatih dengan membuat animasi biasa terlebih dahulu hingga mahir dalam menggunakan Blender ini.

Apabila kamu ingin membuat 3D animasi maka akan sangat cocok menggunakan aplikasi ini karena memang sedari awal akan disediakan kotak yang dapat dibuat segala apapun untuk dijadikan animasi.

Fitur-fitur yang disediakan pada Blender juga sangalah canggih seperti tools modeling yang cukup beragam, dapat melakukan rendering menggunakan cycles, Visual FX beserta compositor yang sudah terpasang.

Blender ini dapat kamu gunakan pada beragam sistem operasi seperti Windows, Mac dan juga Linux yang membuat kamu tidak perlu khawatir lagi dalam masalah Sistem Operasi.

2. Animaker

animaker

Animaker merupakan sebuah aplikasi yang dapat kamu pergunakan secara gratis yang cukup efektif untuk dipergunakan dalam membuat animasi bagi pemula. Apabila kamu ingin menggunakan aplikasi ini dapat melakukan banyak hal seperti animasi 2D, Handcraft, Typography, Infografik, dan maish banyak lagi lainnya.

Ketika sudah membuat aplikasi menggunakan Animaker kamu bisa merender animasi tersebut menjadi kualitas Full HD yang pasti akan menjadi cukup jelas. Animaker sangatlah cocok bagi kalian yang ingin membuat animasi dengan durasi yang pendek atau singkat.

Kamu dapat menambahkan musik latar agar video animasi yang sedang dibuat menjadi bertambah menarik. Kamu dapat menggunakan musik yang disediakan langsung di Animaker atau memasukkan musik yang ada pada file kamu.

3. OpenToonz

aplikasi pembuat animasi

OpenToonz sudah cukup terkenal dan digunakan di berbagai studio pembuatan animasi seperti Studio Madhouse, Studio Ponoc, Studio Ghibli, dan juga Kamikaze Douga, studio-studio tersebut pastinya sudah tidak asing bagi para pembuat animasi karena sudah banyak sekali ulasannya di internet.

Sama seperti 2 aplikasi yang sudah kami ulas sebelumnya yaitu aplikasi OpenToonz juga gratis dan dapat diakses olehs siapapun tanpa harus mengeluarkan biaya. OpenToonz merupakan aplikasi yang berjenis open source yang dapat diubah oleh siapapun sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga : Cara Membuat Akun Samsung

4. Pencil2D Animation

pencil 2d

Apabila kamu menginginkan aplikasi pembuat animasi yang cukup sederhana kami menyaranakan menggunakan Pencil2D Animation, walaupun sederhana aplikasi ini juga dapat kamu gunakan dengan menggunakan tangan.

Aplikasi ini sama dengan aplikasi sebelumnya yaitu yang bersifat open-source yang berarti dapat diubah oleh siapapun sesuai keinginan kamu, aplikasi ini juga gratis jadi kamu bisa menggunakannya kapan saja, sangat cocok sekali bagi yang ingin membuat video animasi untuk di pakai pribadi.

Fitur-fitur yang disediakan di dalam aplikasi ini juga sudah cukup banyak seperti dapat menggunakan audio dari luar aplikasi dengan cara mengimpornya, menambahkan efek cahaya, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

5. K-3D

k-3d

K-3D merupakan aplikasi yang dapat kamu pergunakan untuk membuat animasi yang dikhususkan atau di spesialkan pada plygonal modelling dan grafik digital. Pada K-3D kamu dapat mengkombinasikan aplikasi dengan plugin dan visualisasi arsitektur pipeline.

Selain itu kamu juga dapat menyesuaikan tampilan pada K-3D sesuaikan dengan yang kamu inginkan sehingga dapat mempermudah karena akan sesuai apa yang kamu mau. Aplikasi ini dapat kamu pergunakan di dua sistem operasi yaitu Windows atau Linux, dan jangan lupa pula bahwa K-3D merupakan aplikasi yang disediakan secara gratis.

6. Toon Boom Harmony

aplikasi pembuat animasi

Aplikasi keenam yang kami sarankan adalah Toon Boom Harmony, kenapa kami sarankan ? karena aplikasi ini sering sekali digunakan oleh para pembuat animator profesional. Toon Boom Harmony juga sudah mendapatkan banyak gelar yaitu salah satunya adalah sebagai aplikasi pembuat animasi 2D terbaik.

Selain digunakan oleh para pembuat animator terkenal Toon Boom Harmony digunakan oleh studio studio yang sudah sangat besar yaitu diantaranya adalah Universal Studio, Cartoon Network, Nelvana, Dreamworks, dan masih banyak studio terkenal lainnya yang menggunakan Toon Boom Harmony.

Tampilan dari Toon Boom Harmony sangat mudah dipahami oleh para pemula. Walaupun sangat mudah dipahami oleh para pemula aplikasi Toon Boom Harmony dapat menghasilkan animasi yang sangat amat bagus.

7. Synfig Studio

synfiq studio

Rekomendasi aplikasi terakhir adalah Synfig Studio, aplikasi ini dapat kamu gunakan secara gratis karena aplikasi atau software ini bersifat open-source. Cara kerja aplikasi ini mirip dengan Pencil2D yang cara kerjanya didasarkan dengan alur kerja animasi tradisional.

Aplikasi ini memerlukan banyak waktu ketika ingin membuat dan pastinya sangat mengandalkan kreativitas agar animasi yang dibuat menjadi sangat menarik dan sangat bagus.

Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu kita dalam membuat aplikasi seperti fitur filter ataupun fitur layering, selain itu Synfig Studio memiliki vektor tweening dan kemampuan yang sangat canggih untuk para pengguna yang sudah cukup mahir.

Baca juga : Cara Update Driver Windows 10 Secara Manual

Itulah 7 aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi, rata-rata dari aplikasi tersebut adalah aplikasi yang gratis atau bisa dibilang tidak memerlukan biaya untuk menggunakannya. Apabila kamu ingin membaca artikel lainnya kamu dapat membuka Kabelkusutblog.com.