Cara Mengatasi Sinyal Lemah di Xiaomi

3 min read

sinyal lemah xiaomi

Cara Mengatasi Sinyal Lemah di Xiaomi – Sinyal merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting untuk sekarang ini.

Karena dengan adanya sinyal kita dapat melakukan apapun untuk yang HPnya masih jaman dulu mungkin dengan adanya sinyal kita dapat melakukan telfon ataupun SMS.

Namun apabila HP kamu sudah HP terkini seperti Xiaomi, Samsung, OPPO, VIVO, dan masih banyak lagi lainnya dengan adanya sinyal maka kita dapat menggunakan sinyal tersebut untuk mengakses internet, dan juga pastinya dapat melakukan telfon dan juga melakukan SMS.

Namun akan menjadi berbeda apabila sinyal yang ada pada HP terkhususnya Xiaomi kita menjadi lemah, karena dengan lemahnya sinyal akan berakibat pada lain hal seperti sulitnya mengakses internet, tidak dapat menelfon dan SMS orang lain, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga : 10 Hp Xiaomi Terbaik Tahun 2022 untuk Main Game

Hal tersebut dapat kamu atasi dengan menggunakan berbagai macam cara, kami Kabelkusutblog.com sudah menyediakan beberapa cara yang dapat kamu coba, berikut ini caranya :

Cara Mengatasi Sinyal Lemah di Xiaomi

1. Pindah ke Lokasi Lainnya

sinyal lemah xiaomi

Lokasi merupakan salah satu kunci apabila sinyal kamu menjadi lemah, apabila kamu menggunakan operator yang tidak cukup baik pada lokasi yang kamu tempati, maka dapat disimpulkan bahwa bukan masalah pada HP kamu melainkan pada lokasi yang kamu tinggali.

Untuk mengecek apakah benar bukan masalah pada HP kamu, maka kamu dapat mencari tempat lainnya yang mungkin untuk operator yang kamu gunakan memiliki banyak sinyal.

Biasanya orang-orang akan mencoba di tempat yang lebih tinggi, lebih dekat dengan tower operator tersebut, atau mencobanya di kota-kota besar yang memang memiliki banyak sinyal.

Namun apabila kamu sudah mencoba pindah ke lokasi yang memiliki banyak sinyal namun sinyal di HP kamu masih lemah maka bisa disimpulkan bahwa terjadi error pada HP kamu, kamu bisa mencoba cara berikut ini.

2. Aktifkan dan Nonaktifkan Mode Pesawat

mode pesawat

Jika memang sudah dipastikan bukan pada operator yang kamu gunakan maka bisa jadi terjadi error pada perangkat yang kamu gunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan cara ini yaitu mengkaktfikan dan menonaktfikan mode pesawat yang ada di HP.

Dengan langkah ini kamu dapat merestart jaringan tanpa harus merestart HP yang pastinya akan lebih cepat dan juga lebih mudah, kamu hanya perlu menarik pop up yang ada di HP, lalu menghidupkan mode pesawat yang berlogo pesawat setelah hidup maka langkah selanjutnya kamu bisa mematikan mode pesawat tersebut.

Baca juga : Cara Keluar Fastboot Xiaomi

3. Restart HP Xiaomi Kamu

restart

Apabila dengan mengaktfikan dan juga menonaktifkan mode pesawat masih membuat jaringan menjadi lemah dan juga tidak muncul maka kamu bisa mencoba merestart HP kamu.

Dengan langkah ini kamu akan memulai ulang keseluruhan yang ada pada HP tersebut termasuk jaringan, kamu hanya perlu menekan lama tombol power yang ada di HP.

Lalu kemudian menekan tombol atau icon restart dan tunggu hingga HP hidup dengan normal lagi, dan coba cek pada bagian jaringan apakah sudah normal atau belum.

4. Ubah Pengaturan Jaringan

sinyal lemah xiaomi

Pengaturan jaringan dapat sekali menyebabkan jaringan yang ada di HP Xiaomi kamu menjadi lemah, karena mungkin kita lupa menyeting jaringan menjadi yang paling kuat.

Mungkin bisa jadi kita menyeting jaringan menjadi 2G padahal HP kita dapat menangkap jaringan 4G yang pasti jaringan tersebut lebih kuat dan juga lebih kencang daripada jaringan 2G.

Untuk kamu yang memang sudah terlanjur mensetting ke jaringan 2G maka kamu bisa mengubahnya lagi melalui menu pengaturan, berikut ini cara ubah pengaturan jaringan pada HP Xiaomi :

  1. Pergi ke aplikasi Pengaturan.
  2. Selanjutnya pilih bagian More.
  3. Setelah itu pilih menu Mobile Network.
  4. Pilih menu Prefered Network Type.
  5. Pilih pada jaringan LTE.
  6. Dan dengan otomatis jaringan kamu akan berubah menjadi 4G.

5. Ganti SIM Card

sinyal lemah xiaomi

Apabila kamu sudah mencoba 4 cara diatas namun masih belum bisa, maka kamu bisa mencoba mengganti kartu SIM yang ada di HP kamu.

Bisa jadi yang membuat sinyal kamu lemah adalah dari SIM Card kamu yang memang tidak adanya sinyal di daerah yang kamu tempati atau tinggali.

Untuk mengatasi hal ini kamu dapat mengganti sim card tersebut dengan sim card yang baru dan pastinya berbeda operator dari sim card sebelumnya.

Dengan mengganti oprator atau SIM Card maka sinyala akan menjadi lebih kuat dan juga dapat kamu gunakan seperti biasanya.

Baca juga : Cara Mengatasi Memori Xiaomi Cepat Penuh

6. Reset Pabrik HP Xiaomi Kamu

sinyal lemah xiaomi

Langkah keenam yaitu dengan cara mereset pabrik, dengan cara ini pengaturan HP kamu akan kembali ke settingan awal ketika baru membeli HP.

Namun sebelum kamu melakukan langkah ini lebih baik kamu backup terlebih dahulu data-data yang ada di HP karena dengan melakukan reset pabrik semua data yang ada pada penyimpanan HP akan otomatis hilang. Dan berikut ini cara reset pabrik atau factory reset pada HP Xiaomi :

  1. Pertama masuk ke menu Pengaturan.
  2. Setelah itu masuk ke menu Additional Setting.
  3. Kemudian jika sudah maka selanjutnya pilih Backup dan Reset.
  4. Pilih Factory Reset.
  5. Pilih menu Reset Phone dan kemudian masukkan konfirmasi yang biasanya menggunakan pin HP kamu.
  6. Setelah itu tunggu hingga proses Factory Reset selesai.

Dengan cara tersebut maka kamu bisa mengembalikan ke settingan awal dan diharapkan jaringan yang ada pada HP Xiaomi kamu menjadi normal kembali.

7. Bawa Ke Tempat Service

Langkah terakhir apabila 6 cara diatas tidak dapat merubah sinyal yang ada pada HP kamu yaitu dengan membawanya ke tempat service.

Karena dengan membawanya ke tempat service akan dicek keseluruhan, dan akan diketahui apa yang menyebabkan sinyal yang ada di HP kamu hilang atau lemah.

Jika terjadi kerusakan pada bagian hardware maka akan dapat langsung dibenarkan dan pastinya akan memakan biaya.

Dan itulah 7 cara untuk mengatasi sinyual lemah di HP Xiaomi, apabila kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya maka kamu bisa membuka Kabelkusutblog.com.