Cara Mengatasi PUBG Mobile Lag

3 min read

mengatasi pubg mobile lag

Cara Mengatasi PUBG Mobile Lag – PUBG atau PlayerUnknown’s Battlegrounds yang merupakan game yang bertemakan battle royale.

Game yang sebelumnya tersedia di PC, namun untuk sekarang ini sudah tersedia versi Mobile yang dapat dimainkan di HP.

Pada game ini anda harus bermain melawan 100 orang lebih, dan hanya 1 orang saja yang dapat menjadi pemenangnya.

Game yang sangat seru karena diawal anda harus mencari senjata terlebih dahulu, dan map yang makin lama makin menyusut.

Namun game yang seru akan menjadi menyebalkan apabila terdapat patah-patah atau biasa disebut Lag pada game tersebut.

Baca juga : Cara Menggunakan dan Setting GFX Tools PUBG Mobile

Dengan adanya lag pastinya kita akan terganggu dan terkadang membuat kita sebagai orang yang memainkan game tersebut menjadi emosi.

Namun anda tidak perlu untuk emosi telebih dahulu, karena ada beberapa cara yang dapat anda coba untuk mengatasi PUBG Mobile lag tersebut.

mengatasi pubg mobile lag

Berikut ini Cara Mengatasi PUBG Mobile Lag

1. Pastikan Koneksi Internet Baik

Cara pertama yang harus anda cek adalah koneksi internet yang anda gunakan, internet pada game online seperti PUBG Mobile pastinya sangat berpengaruh.

Jika internet anda mengalami gangguan dan tidak berjalan secara normal maka akan dapat berakibat game yang menjadi lag.

Walaupun HP anda sudah sangat baik namun jika jaringan yang anda gunakan cukup buruk maka tetap sama saja akan Lag.

Disarankan anda dapat menggunakan internet yang sangat baik di kota anda, karena beda kota biasanya beberbeda provider yang memeiliki kecepatan yang baik.

Selain memiliki kecepatan pastikan provider tersebut memiliki internet yang stabil, karena game online pastinya perlu Ping yang stabil agar tidak naik turun.

Atau anda juga dapat menggunakan perangkat Wi-Fi, karena Wi-Fi memiliki internet yang stabil dan juga kencang.

2. Sesuaikan Kemampuan OS HP

OS pada setiap HP pastinya berbeda satu sama lainnya, untuk bermain PUBG Mobile pastinya HP anda memerlukan OS yang mumpuni.

PUBG Mobile merupakan game yang cukup berat, jika OS yang ada di HP anda tidak sesuai spesfikasi untuk PUBG pastinya akan terjadi Lag yang sangat parah.

3. Mengatasi PUBG Mobile Lag Menggunakan Game Booster

Untuk mempercepat performa HP, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Game Booster.

Dengan menggunakan Game Booster, aplikasi tersebut akan menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan dibelakang layar.

Hal tersebut membuat HP anda akan terasa ringan ketika ingin PUBG Mobile, aplikasi Game Booster sudah tersebar di Playstore ataupun Appstore yang dapat anda gunakan.

4. Pastikan Minimun Spesifikasi Terpenuhi

Ketika anda ingin bermain game pastinya akan ada spesifikasi minimum terlebih dahulu yang terpenuhi seperti jenis processor, jumlah RAM, dllnya.

Sebelum bermain PUBG Mobile anda wajib memastikan hal tersebut sudah terpenuhi jika tidak maka akan menyebabkan permainan menjadi lag, berat, dan patah-patah.

Baca juga : Cara Instal BlueStack Emulator di Laptop

5. Pastikan Ruang Penyimpanan Cukup Banyak

mengatasi pubg mobile lag

Ruang penyimpanan pastinya sangat amat penting pada HP, jika penyimpanan sangat kecil pastinya akan memunculkan notifikasi.

Notifikasi tersebut biasanya bertuliskan “Beberapa fitur tidak akan berfungsi”, yang menjadikan HP akan terasa lebih berat dari sebelumnya.

Karena ketika kita menjalankan HP pastinya memerlukan penyimpanan karena pada setiap aplikasi memiliki Cache yang akan disimpan di memori.

Jika memori HP sudah penuh sebelumnya aplikasi akan bingung ingin menyimpan cache dimana, hal tersebut yang dapat berakibat terjadinya patah-patah bahkan hang.

6. Pastikan Tidak Banyak Aplikasi Yang Berjalan Dibelakang Layar

Aplikasi latar belakang merupakan aplikasi yang tetap berjalan walaupun HP dalam keadaan tidak hidup, biasanya aplikasi tersebut adalah media sosial.

Aplikasi-aplikasi tersebut pastinya tetap memakan RAM kita karena terus-menerus berjalan walaupun kita tidak membukanya.

Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat mengeceknya pada bagian Setting kemudian kebagian Aplikasi, dan lihat aplikasi yang berjalan dibelakang layar.

7. Ketika Bermain Pastikan Kondisi Baterai Cukup

Baterai merupakan suatu hal yang sangat penting terutama pada perangkat HP, karena baterailah yang membuat HP berjalan.

Jika baterai sudah cukup rendah bahkan sampai ingin habis dapat berakibat performa HP menjadi menurun dan berakibat lag ketika bermain game ataupun tidak.

Untuk menghindari hal tersebut sebelum anda bermain game lebih baik untuk mencharge HP anda tersebut hingga penuh ataupun hingga 70%.

8. Mengatasi PUBG Mobile Lag Dengan Tutup Aplikasi Yang Sebelumnya Terbuka

Aplikasi yang terbuka biasanya mengakibatkan kinerja pada HP kita menjadi meningkat daripada tidak adanya aplikasi yang berjalan.

Dengan aplikasi yang belum berjalan pastinya akan membebani sistem yang ada dan membuat game yang sedang dimainkan menjadi lag.

Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat menghilangkan terlebih dahulu aplikasi-aplikasi yang berjalan ataupun yang terbuka.

9. Mengatasi PUBG Mobile Lag Dengan Update Game PUBG

Pembaharuan aplikasi atau Update merupakan bagian yang sangat penting pada suatu aplikasi tak terkecuali pada aplikasi Game seperti PUBG Mobile ini.

Update merupakan cara developer game melakukan fix bug pada suatu sistem yang mungkin dengan adanya bug tersebut berakibat dengan terjadinya lag.

Anda bisa melakukan update pada PUBG Mobile yang ada mainkan menggunakan Playstore ataupun Appstore seperti update-update pada aplikasi biasanya.

Baca juga : Cara Memperkuat Kinerja RAM HP Agar Kuat Game Berat

10. Mengatasi PUBG Mobile Lag Dengan Install Ulang PUBG

Cara terakhir yang memang cara-cara sebelumnya tidak dapat merubah lag pada game PUBG Mobile anda adalah dengan Meingstall ulang game tersebut.

Anda dapat melakukan hal simple ini yang terkadang memang memberikan efek hilangnya lag pada game PUBG Mobile tersebut.

Didalam game terkadang ada yang namanya Bug yang bisa jadi membuat game tersebut menjadi lag dan yang perlu anda lakukan cukup Install Ulang game tersebut.

Akhir Kata

Itulah 10 cara yang dapat anda gunakan untuk bermain game PUBG Mobile yang mengalami lag, freeze, FPS Drop, atau patah-patah.

Dengan menggunakan 1 diatara 10 cara tersebut diharapkan PUBG Mobile anda menjadi lancar seperti sedia kala.