Cara Memperkuat Kinerja RAM HP Agar Kuat Game Berat

1 min read

cara memperkuat kinerja ram

Cara memperkuat kinerja ram pada hp agar kuat main game berat – Ram adalah bagian yang terpenting bagi hp maupun laptop. Karena ram dapat digunakan untuk menjalankan suatu aplikasi atau suatu sistem pada hp agar berjalan dengan normal.

Namun apabila RAM tersebut penuh itu dapat menghambat jalannya aplikasi atau sistem bahkan hp anda dapat menjadi stuck atau diam tidak bisa di apa-apakan. Ram sangatlah penting bagi kalian yang sering bermain game, game-game berat seperti PUBG, CODM, ML, dan masih banyak lainnya memerlukan ram yang cukup besar agar bermainnya lancar dan tidak tersendat di tengah-tengah permainan.

Pengertian RAM, RAM adalah singkatan dari Random Acces Memory, RAM merupakan suatu memori untuk tempat penyimpanan data sementara, ketika saat hp atau komputer di jalankan dan diakses secara acak (random). Fungsi RAM adalah mempercepat pemeprosesan data dan hp atau komputer.

Baca juga : Cara membuat foto grid di Instagram dengan Adobe Photoshop

Berikut ini adalah cara memperkuat kinerja RAM Hp

1. Jangan pakai Live Wallpapers atau Wallpaper Bergerak

wallpaper bergerak

Wallpaper bergerak sangatlah berpengaruh ke penggunaan RAM ketika pergerakan pada wallpaper tersebut maka RAM akan berpacu lebih cepat sehingga akan memperlambat kinerja hp untuk aplikasi lainnya.

Wallpaper bergerak bahkan sangat memperboros pemakaian baterai karena wallpaper bergerak akan terus bergerak di latar belakang hp anda sehingga baterai terus terpakai dengan cepat.

Jika anda memakai aplikasi bergerak lebih baik anda ganti dengan foto anda atau gambar-gambar yang tidak bergerak sehingga menghemat penggunaan RAM dan baterai menjadi awet bisa di anda pakai seharian.

2. Disable Animasi pada opsi pengembang

cara memperkuat kinerja ram

Animasi atau pergerakan pada sebuah hp android akan berpengaruh sekali pada penggunaan RAM. Anda dapat mendisable pada pengaturan hp masing-masing yaitu anda menuju Pengaturan/Setting -> Setelan Tambahan -> Opsi Pengembang -> Skala Animasi.

Di Skala Animasi terdapat 3 menu anda dapat mematikan semua animasi tersebut agar membuat lancar hp android anda. Kalau sudah lancar anda dapat gunakan untuk bermain game yang berat dengan lancar.

Baca juga : Cara menghapus font atau huruf di komputer atau laptop

Kebetulan hp saya Xiaomi jika hp anda juga Xiaomi anda dapat mengikuti langkah itu untuk masuk ke opsi pengembang, jika hp anda bukan Xiaomi anda bisa mencarinya di Google.com untuk bagaimana cara masuk ke opsi pengembang hp (isi merk hp anda).

3. Disable Aplikasi di Hp anda

cara memperkuat kinerja ram

Beberapa hp akan berjalan pada latar belakang dan itu mengakibatkan terpakainya RAM pada Hp anda sehingga membuat hp anda berat atau tidak lancar walaupun anda tidak menggunakannya.

Mendisable suatu aplikasi mungkin akan membuat Hp anda lancar kembali, namun jika anda mendisable sebuah aplikasi media social macam Instagram, WhatsApp, Facebook dan masih banyak lainnya itu akan membuat ketika ada pesan masuk atau notifikasi masuk tidak akan tampil pada layar anda atau pop up hp anda.

Berikut ini caranya jika anda ingin mendisable aplikasi atau memaksanya berhenti di Hp anda, masuk ke Pengaturan atau Setting -> Scroll ke bawah lalu pilih Aplikasi Terinstall -> Lalu pilih aplikasi yang ingin anda disable atau paksa berhenti -> ketika sudah memilih di tampilannya akan ada tulisan disable atau paksa berhenti.

Jika kalian ingin membaca artikel inspiratif lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com