Cara Mengatasi Lag pada Mobile Legend (ML)

2 min read

mengatasi lag mobile legend

Cara Mengatasi Lag Pada Mobile Legend (ML) – Mobile Legend merupakan game MOBA yang dimainkan secara online 5 vs 5.

Ketika ingin bermain game Mobile Legend kita memerlukan sebuah koneksi internet dan juga device yang memadai agar bermain dengan lancar.

Itu dikarenakan game Mobile Legend merupakan game yang cukup berat dan juga dimainkan dengan menggunakan internet.

mengatasi lag mobile legend

Jika internet kita sedang lancar namun device kita kurang maka akan berakibat seperti lag, patah-patah, bahkan hingga FPS Drop.

Selain device yang dapat menyebabkan lag, internet juga dapat menyebabkan lag dengan tidak stabilnya internet tesebut.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, kami akan coba memberikan 10 cara untuk mengatasi lag pada game Mobile Legend.

Baca juga : 12 Fungsi Battle Spell Mobile Legends yang Wajib Diketahui

Berikut ini Cara Mengatasi Lag Pada Mobile Legend (ML)

1. Pastikan Koneksi Berjalan Dengan Baik

Koneksi merupakan penyebab utama dari terjadinya lag, karena jika koneksi pada perangkat anda buruk maka ping pada game juga akan sangat tinggi.

Hal tersebut pastinya yang membuat game anda menjadi lagi, untuk itu anda dapat menggunakan jaringan yang terbaik di kota anda.

Atau anda juga dapat menggunakan Wi-Fi jikalau ada karena ping yang cukup stabil menurut kami adalah Wi-Fi.

2. Pastikan Spesifikasi HP Terpenuhi

Mobile Legend pastinya memiliki batas minimum dan rekomendasi spesifikasi yang harus anda penuhi terlebih dahulu sebelum bermain game tersebut.

Jika memang spesifikasi anda belum memenuhi maka bisa jadi itu yang membuat HP anda menjadi lag ketika bermain Mobile Legend.

Namun jika perangkat anda sudah memenuhi syarat minimum dari spesifikasi yang dibutuhkan Mobile Legend namun masih lag, maka anda bisa mencoba cara-cara dibawah ini.

3. Jangan Bermain Ketika Baterai Rendah

mengatasi lag mobile legend

Baterai pastinya berpengaruh cukup besar dari game yang menjadi lag ketika dimainkan, karena jika cukup rendah dapat berakibat performa HP yang ikut turun.

Untuk itu disarankan ketika anda ingin bermain Mobile Legend kondisi baterai pada perangkat anda sedang cukup banyak.

4. Pastikan Memori Tidak Penuh

Memori yang penuh pastinya akan sangat berpengaruh kepada performa HP anda, jika memori penuh HP tidak dapat menyimpan memori sementara atau cache.

Untuk itu HP akan bekerja lebih berat yang berakibat terjadinya lag atau patah-patah pada perangkat anda ketika bermain game Mobile Legend.

Apabila HP anda sudah memunculkan notifikasi memori HP telah penuh, sebaiknya anda coba mengkosongkan sampai notifikasi tersebut tidak muncul lagi.

Baca juga : Cara Mengatasi PUBG Mobile Lag

5. Hentikan Aplikasi Yang Berjalan Dibelakang Layar

Aplikasi dibelakang layar pastinya akan memberatkan pengguna RAM yang ada pada HP anda, karena walaupun tidak dijalankan atau dibuka aplikasi tersebut akan tetap berjalan.

Aplikasi yang berjalan dibelakang layar biasanya merupakan aplikasi-aplikasi media sosial ataupun aplikasi sistem, anda dapat menutup terlebih dahulu aplikasi media sosial.

Untuk menhentikannya anda dapat menggunakan fitur hentikan paksa, namun ketika anda menggunakan fitur tersebut, anda tidak akan mendapatkan notif sama sekali.

6. Turunkan Kualitas Grafik

Grafik merupakan suatu hal yang cukup berpengaruh apabila terjadi lag, FPS drop, atau juga patah-patah pada HP kalian.

Apabila HP anda tidak sanggup menampung grafik yang paling tinggi, kami sarankan anda untuk menurunkan kualitas grafik anda.

Karena apabila grafik terlalu tinggi akan memakan banyak sekali memori prosesor dari perangkat anda, dan apabila kualitasnya rendah akan lebih kecil lagi.

Anda dapat menguranginya untuk meringankan ponsel anda, jika sudah coba bermain lagi dan pasti hasilnya akan cukup berbeda dari sebelumnya.

7. Hapus Cache

Cache kadang cukup mengganggu selain mengganggu penyimpanan anda yang dapat membuat penyimpanan menjadi penuh, terkadang juga mengganggu jalannya game.

Untuk itu apabila game anda terasa menjadi berat dan terjadi patah-patah didalam game anda dapat mencoba untuk menghapus cache yang ada pada aplikasi.

8. Gunakan Game Booster

Game Booster yaitu sebuah aplikasi pihak ketiga yang dapat anda guankan untuk meningkatkan performa HP anda dalam bermain game.

Ketika anda menggunakan game booster maka aplikasi akan menghentikan beberapa aplikasi yang mengganggu agar meringankan HP.

Anda dapat menggunakan aplikasi game booster yang ada pada Playstore ataupun Appstore, karena sekarang sudah banyak tersedia.

Baca juga : Game MMORPG HP Terbaik

9. Update Game

Cara kesembilan yang dapat anda coba ialah dengan mengupdate game Mobile Legend tersebut, dengan mengupdate diharapkan bug yang sebelumnya ada akan menghilang.

Bug yang ada pada sebuah game bisa jadi berakibat game tersebut menjadi patah-patah ketika dimainkan yang sebelumnya normal.

Jika update pada Mobile Legend tersedia diharapkan anda melakukan update tersebut agar bug-bug tidak ada pada Mobile Legend anda.

10. Install Ulang

Cara terakhir untuk mengatasi lag pada game Mobile Legend (ML) adalah dengan cara menginstall ulang game tersebut.

Bug terkadang tidak dapat hilang walaupun kita sudah melakukan update pada game kita, dengan adanya hal tersebut cara terakhir adalah dengan menginstall ulang.

Dengan menginstall ulang maka file-file yang ada pada penyimpan kita sebelumnya akan hilang semua, dan akan digantikan file baru apabila kita melakukan install kembali.

Akhir Kata

Mengatasi lag pada game Mobile Legend merupakan suatu hal yang cukup sulit dan juga dapat dibilang cukup mudah.

Sulitnya yaitu ketika device yang anda gunakan tidak memenuhi persyaratan yang diberikan oleh pihak Mobile Legend.

Akan jadi mudah jika perangkat yang anda pakai sudah memenuhi, karena jika sudah memenuhi maka bisa jadi hanya terjadi bug.

Dan itulah 10 cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi lag pada Mobile Legend, jika anda tertarik membaca artikel lainnya maka dapat mengunjungi Kabelkusutblog.com.