Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Putih

4 min read

layar laptop blank putih

Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Putih – Laptop menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi sebagian orang.

Dengan adanya perangkat tersebut setiap orang dapat terbantu untuk pekerjaan di kantor maupun digunakan untuk bersekolah atau kuliah.

Namun akan menjadi sangat sulit apabila perangkat itu mengalami kerusakan ataupun error, banyak sekali hal yang dapat mengkibatkan rusaknya Laptop.

Beberapa hal tersebut seperti mesin laptop yang rusak, kipas yang tidak bekerja, dan yang cukup sulit apabila terjadi adalah pada bagian layarnya.

Terkadang ada yang menyebabkan layar menjadi biru semua, putih semua, dan menjadi blank hitam alias tidak menampilkan apa-apa.

Pada artikel ini kami Kabelkusutblog.com akan coba membahas pada layar putih saja, sebelum masuk ke topik kita harus tau apa saja hal yang menyebabkan layar tersebut menjadi putih.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jamur di Monitor LCD Laptop

Penyebab Layar Laptop Blank Putih

Apabila layar Laptop kamu mengalami Blank putih maka pastinya ada penyebab-penyebab yang mengakibatkan hal tersbeut terjadi, berikut ini adalah penyebab layar laptop menjadi blank putih :

1. Kabel Fleksibel Rusak

Kabel ini merupakan kabel yang cukup sensitif yang terletak diantara keyboard dan mesin Laptop, apabila ketika kamu membuka laptop dan mengalami kesalah dalam mencabut kabel ini maka dapat menyebabkan masalah pada kabel flesibel.

Apabila kabel ini mengalami kerusakan bahkan terputus maka dapat menyebabkan layar yang ada pada laptop kamu menjadi putih. Maka dengan itu kamu harus mengganti kabel ini dengan kabel yang baru.

2. Driver Display Error

Driver merupakan hal yang harus lebih diperhatikan, dengan error driver tersebut maka dapat menyebabkan layar Laptop menjadi putih, untuk itu kamu harus sering-sering mengeceknya dan juga mengupdatenya.

3. VGA Error

VGA adalah komponen yang cukup penting yang berhubungan dengan layar laptop, dengan rusak atau errornya perangkat ini maka bisa membuat kinerja dari laptop tersebut tidak semaksimal sebelumnya, layar laptop kamu bisa tiba-tiba putih semua ataupun menjadi biru bahkan gelap.

4. RAM Bermasalah

RAM adalah perangkat yang berfungsi untuk menjalankan Laptop, hal yang membuat RAM menjadi bermasalah adalah dengan kotornya perangkat itu, apabila memang kotor maka kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu.

5. Laptop Terbentur

Apabila Laptop mengalami benturan maka bisa berakibat yang sangat fatal, bisa saja mesin yang ada di Laptop menjadi rusak ataupun menjadi error di bagian-bagian terterntu dan yang biasanya terkena adalah bagian LCD.

Itulah beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan layar Laptop kamu menjadi blank putih, dan untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mengikuti cara-cara yang ada di bawah ini.

Berikut ini Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Putih

1. Restart Paksa Laptop

restaring

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memakasa laptop tersebut melakukan restart, karena apabila tampilan laptop kamu menjadi putih maka tidak akan bisa masuk ke halaman Windows,

Untuk melakuakn hal ini sangatlah mudah kamu hanya perlu menekan tombol power dengan waktu cukup lama hingga laptop menjadi off.

Tunggu beberapa menit, kemudian hidupkan kembali laptop tersebut dengan menekan tombol power lagi, cara ini cukup ampuh apabila error yang ada pada laptop terjadi pada bagian service sistem.

Jika memang service sistem pada laptop kamu mengalami error maka akan membuat laptop tersebut tidak dapat membuka folder yang ada pada laptop.

2. Masuk ke Safe Mode

safe mode

Apabila laptop kamu sedang keadaan restart tersebut maka kamu bisa masuk ke Safe Mode, berikut ini langkah-langkah masuk ke menu tersebut :

  1. Pertama tunggu laptop keadaan booting.
  2. Jika sudah masuk ke keadaan tersebut kamu bisa menekan tombol F8 atau Fn + F8.
  3. Tekan tombol tersebut secara terus-menerus hingga masuk ke Safe Mode.

Apabila sduah masuk ke menu atau mode ini kamu bisa menegecek driver display adapter yang ada pada laptop kamu, dan untuk memperbaiki layar blank putih juga kamu harus melakukan pemindaian SFC.

Baca juga : Cara Mengatasi Suara HP Hilang

3. Update Driver Display Adapter

layar laptop blank putih

Driver merupakan hal yang paling penting, untuk itu sesering mungkin kita untuk mengecek apakah ada update ataukah tidak, karena ada dan terus-terusan tidak di update atau kontrol maka bisa menyebabkan error.

Erorr tersebut juga dapat membuat layar yang ada pada Laptop kamu menjadi blank dan berwarna putih saja, untuk itu kamu bisa mencoba mengupdate Driver Display Adapter. Berikut ini caranya :

  1. Pertama klik menu pencarian dan ketikkan Device Manager.
  2. Dan jika sudah terbuka maka kamu bisa memilih pada menu Display Adapter.
  3. Selanjutnya klik kanan pada driver tersebut dan pilih pada tombol Update.
  4. Akan muncul 2 menu nantinya dan kamu bisa memilih menu Search automatically for drivers.
  5. Dan dengan otomatis akan dicarikan versi terbaru dari driver laptop tersebut.
  6. Jika sudah selesai tekan tombol Close.
  7. Langkah terakhir kamu bisa merestart Laptop itu.

Jika sudah melakukan langkah tersebut maka selanjutnya kamu bisa melakukan SFC scan.

4. Melakukan Scan SFC

layar laptop blank putih

Scan SFC sangat berguna untuk mengecek apakah ada error yang terjadi pada sistem ataukah tidak, berikut ini cara melakukan scan SFC :

  1. Pertama cari Command Prompt atau CMD pada menu pencarian.
  2. Setelah itu klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih Run as administrator.
  3. Tuliskan perintah sfc/scannow pada CMD tersebut.
  4. Jika sudah tekan Enter untuk melakukan proses.
  5. Tunggu hingga proses selesai.
  6. Apabila proses scan tersebut telah usai maka kamu bisa melakukan restart pada laptop tersebut.

5. Periksa RAM dan VGA Laptop

ram

Apabila RAM atau VGA kamu bermasalah maka hal tersebut dapat menyebabkan kinerja dari Laptop mu menjadi sangat kurang maksimal daripada sebelumnya, dan juga dapat menyebabkan masalah-masalah error lainnya.

Error ataupun masalah lainnya dapat disebabkan juga oleh kotornya kedua komponen itu, kamu dapat membersihkan kedua komponen tersebut hingga bersih untuk mengatasai error-error yang terjadi.

6. Ganti Fleksibel Laptop

layar laptop blank putih

Fleksib atau orang-orang mengenalnya dengan kabel Fleksibel merupakan sebuah kabel yang menghbungkan mesin dengan layar ataupun mousepad pada Laptop.

Apabila kabel tersebut menjadi error ataupun rusak maka akan menyebabkan tidak berfungsinya layar dan dapat menyebabkan garis-garis ataupun menjadi blank putih.

Untuk penggantian kabel Fleksibel pastinya kamu sudah ahli dalam membongkar Laptop, karena jika tidak maka akan sulit sekali untuk memasang kabel ini dan kabel ini sangat sensitif dan mudah sekali rusak.

Apabila kamu bukan ahlinya maka kamu bisa meminta tolong orang lain yang cukup ahli dalam bidang ini untuk memasangkannya.

Baca juga : Cara Hapus Kelas di Google Classroom

7. Hubungkan ke Monitor Eksternal

layar laptop blank putih

Apabila memang layar kamu yang sudah rusak maka kamu bisa mencobanya terlebih dahulu menggunakan monitor eksternal dengan cara menghubungkannya menggunakan kabel HDMI atau VGA. Berikut ini caranya :

  1. Pertama kamu harus menyiapkan sebuah monitor eksternal yang tidak mengalami kerusakan.
  2. Jika sudah siapkan sebuah kabel HDMI atau VGA yang dapat disambungkan ke Laptop dan juga Monitor.
  3. Apabila sudah terhubung dengan baik maka kamu bisa menekan tombol F10 atau Fn+F10 di keyboard.

8. Ganti LCD

layar laptop blank putih

Jika memang layar laptop kamu yang sudah rusak dan menyebabkan layar laptop menjadi blank putih saja maka kamu bsia mengganti LCD layar tersebut dengan LCD yang baru. Untuk cara ini kamu memerlukan orang yang cukup ahli.

LCD yang rusak dapat disebabkan oleh banyak hal seperti laptop yang terjatuh, seringnya terguncang, atau layar tersebut terkena air.

9. Bawa ke Tempat Service

service center

Jika cara-cara diatas memang tidak bisa maka kamu bisa membawa laptop tersebut ke tempat service yang sudah kamu percaya, karena ditempat service pastinya ada orang-orang yang sudah ahli dalam membetulkan laptop yang blank putih pada layarnya.

Dan itulah beberapa cara yang dapat kamu coba dalam mengatasi Laptop yang blank putih pada bagian layarnya. Jika kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya maka kamu bisa membuka situs Kabelkusutblog.com.