Cara Mempercepat Koneksi Internet pada HP

3 min read

cara mempercepat koneksi internet

Cara Mempercepat Koneksi Internet – Internet di zaman sekarang ini menjadi sebuah kebutuhan, karena ketika menggunakan internet semua hal akan dijangkau dengan mudah.

Dengan adanya internet pada Hp atau perangkat laptop atau komputer pastinya akan memudahkan kita mencari sebuah informasi di internet, dan juga memudahkan untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui media sosial.

Namun pastinya akan membuat kesal apabila internet yang ada di Hp atau perangkat lainnya mengalami kendala seperti melemahnya sinyal dan melemahnya kecepatan internet.

Karena apabila kecepatan berkurang dan melemahnya sinyal pastinya mengganggu ketika ingin mencari sebuah informasi atau menghubungi teman. Untuk itu kami akan memberitahu bagaimana cara untuk mempercepat koneksi pada Android.

Baca juga : 7 Aplikasi Penguat Sinyal Paling Bagus Untuk Android dan iOS

Berikut ini Cara Mempercepat Koneksi Internet pada HP

1. Mengganti DNS

DNS adalah singkatan dari Domain Name System, DNS ini berguna untuk setiap perangkat untuk tersambung ke Internet dan jaringan pribadi.

Untuk mendapatkan jaringan internet yang lebih cepat terkadang orang mengganti-ganti DNS tersebut sampai mendapatkan DNS terbaik.

Namun mengganti DNS pastinya tidaklah mudah, untuk itu apabila kamu tidak ingin ribet bisa menggunakan layanan aplikasi yang bernama 1.1.1.1: Internet Lebih Cepat & Aman, kamu dapat mengisntall melalui Playstore ataupun Appstore, Dan berikut cara menggunakannya :

mengganti dns

  • Install aplikasi tersebut dan selanjutnya jalankan aplikasi itu.
  • Setelah terbuka aplikasi itu meminta izin untuk menambahkan konfigurasi VPN.
  • Untuk hal itu kamu dapat menekan pada bagian Setuju.
  • Kemudian aplikasi tersebut akan terbuka.
  • Untuk menjalankannya kamu dapat menggeser tombol besar yang ada ditengah, dengan itu maka akan otomatis berjalan dan bertuliskan Tersambung.
  • Dan untuk mematikannya kamu dapat menggeser ke kiri tombol tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Lite

Aplikasi Lite

Aplikasi Lite merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sudah besar dan ingin membuat aplikasi versi kecil atau hemat kuoatanya.

Aplikasi-aplikasi yang sudah memiliki versi Lite nya adalah aplikasi Facebook Lite, Line Lite, Twitter Lite, Messenger Lite dan masih banyak lagi lainnya yang sudah memiliki versi Lite dari aplikasi besarnya.

Jika kamu memang sedang mengalami sinyal yang sulit atau lemah kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi Lite semacam yang kami sebutan barusan agar tetap bisa mengaksesnya.

Karena biasanya aplikasi yang besarnya akan memakan kuota lebih yang pastinya membutuhkan internet yang lebih cepat. Dengan menggunakan aplikasi Lite internet yang sebelumnya melambat pun akan terasa cepat lagi.

3. Memblokir Iklan

cara mempercepat koneksi internet

Iklan yang cukup banyak tampil pada website ataupun video pastinya akan membuat internet yang tadinya cukup cepat menjadi lemah dan membuatnya lama untuk memproses website tersebut.

Untuk hal tersebut kamu bisa memblokir iklan-iklan tersebut yang berada di browser maupun ada di video dengan menggunakan AdsBlock.

Ataupun kamu bisa menggunakan browser yang sudah memiliki fitur untuk memblokir iklan yang tampil pada browser, aplikasi browser terebut seperti UC Browser ataupun Opera Browser.

Dan di beberapa Hp ada yang menampilkan iklan yang cukup mengganggu, kamu dapat memblokir atau menghilangkan iklan-iklan tersebut menggunakan aplikasi yang bernama AdAway.

Baca juga : Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop

4. Gunakan VPN

cara mempercepat koneksi internet

VPN berguna ketiak kamu ingin mengubah ip menjadi luar negeri, ini juga dapat mempercepat koneksi kamu apabila kamu sedang mengakses website luar dan pastinya akan stabil.

Sekarang ini sudah banyak sekali VPN yang tersebar di Internet bahkan di Playstore sudah banyak aplikasi yang dapat kamu unduh gratis namun ada yang berbayar.

Kami menyarankan menggunakan yang berbayar karena pastinya akan lebih aman dan data-data kita akan lebih aman jika menggunakan VPN yang berbayar daripada yang gratis.

5. Mengatur Tampilan Browser

tampilan browser

Cara mempercepat internet yang kelima adalah mengatur tampilan browser kamu, terkadang orang menggunakan tampilan desktop pada Browser yang digunakan seperti Google Chrome.

Padahal menggunakan tampilan itu akan memberatkan koneksi yang ada pada Hp, untuk itu kamu wajib mengubah tampilannya menjadi tampilan Hp lagi untuk memudahkan internet memproses.

Tampilan Hp pastinya akan lebih ringan daripada memproses tampilan Desktop untuk itu perhatikan lagi tampilan yang kamu pakai pada setiap Browser yang ada.

6. Gunakan Koneksi 4G Only atau 3G Only

Untuk Hp yang sudah support berbagai macam jaringan seperti 4G ataupun 3G lebih baik memilih ingin memfokuskan ke jaringan yang mana.

Karena apabila berubah-ubah akan memperlambat jaringan dan juga membuat Hp terasa hangat bahkan bisa panas, hal itu sebabkan Hp kamu mencari jaringan terbaik untuk Hp.

Untuk mempercepat kamu bisa memfokuskan 1 jaringan saja, caranya sebagai berikut menuju Settings, selanjutnya pilih Mobile Network, selanjutnya pilih Network Mode, dan terakhir pilih jaringan yang diinginkan.

7. Menghentikan Update Otomatis

cara mempercepat koneksi internet

Apabila Update sedang terjadi pada Hp kamu seperti Update aplikasi atau update sistem yang ada di Hp pastinya akan memperlambat segala hal lainnya seperti browsing ataupun menonton video secara online.

Untuk itu perhatikan lagi apakah Hp kamu sedang melakukan update atau tidak, apabila iya, kamu bisa mempause update tersebut atau menghentikannya terlebih dahulu, dengan hal tersebut kamu akan mendapatkan speed internet yang normal lagi.

8. Menggunakan Speed Optimizer

Cara satu ini diharuskan memiliki akses ROOT pada Hpnya karena apabila tidak ada akses tersebut tidak akan bisa menggunakan cara ini.

Cara menggunakan Speed Optimizer adalah memberikan tweak khusus pada Hp yang akan membuat kamu bebas dalam mengatur dan juga memilih jaringan yang cepat sesuai apa yang dibutuhkan.

p.s. Apabila kamu ragu melakukan hal ini maka jangan lakukan karena menroot Hp akan mengakibatkan Bootlop apabila gagal dan garansi Hp pasti akan hilang.

9. Bersihkan Sampah (Cache) pada Browser

Cache sering diartikan sampah yang tidak terpakai lagi pada Hp, walaupun tidak terpakai lagi pastinya akan cukup mengganggu dengan semakin menumpuknya cache tersebut maka memory akan semakin penuh.

Selain menyebabkan penuh pada memory cache juga bisa menghambat internet, untuk itu kamu bisa menghapus cache atau sampah yang ada di browser kamu dengan agar kembali lancar.

10. Matikan Thetering

Apabila Hp atau perangkat lainnya sedang melakukan Hotspot atau sering disebut dengan sebutan Thetering maka itu akan menghambat jaringan atau membuat jaringan menjadi lambat apabila kita ingin menggunakannya.

Untuk itu lebih baik matikan Hotspot tersebut atau jangan sambungkan ke Hp atau perangkat lainnya maka internet yang ada di perangkat kamu akan berjalan dengan normal kembali.

Sekian artikel mengenai Cara Mempercepat Koneksi Internet pada HP, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com