Cara Membuat Watermark di Microsoft Word

2 min read

cara watermark microsoft word

Cara Membuat Watermark di Microsoft Word – Watermark merupakan sebuah tanda yang menempel pada suatu dokumen atau karya, yang menandakan karya tersebut tidak bisa diklaim orang lain.

Watermark ini juga bisa kamu tambahkan pada dokumen-dokumen yang kamu buat menggunakan aplikasi dari Micorosf yaitu Microsoft Word.

Menambahkan Watermark ini sangatlah mudah, namun pastinya ada beberapa orang yang kesulitan ketika ingin membuat Watermark ini.

Baca juga : Cara Hapus Cache WhatsApp

Untuk itu kami Kabelkusutblog.com telah membuat 3 cara yang dapat kamu gunakan untuk membuat watermark mulai dari Microsoft terbaru hingga yang lama.

Berikut ini Cara Membuat Watermark di Microsoft Word

1. Cara Membuat Watermark di Microsoft Word 2013-2019

Cara pertama untuk membuat Watermark pada Microsoft Word adalah pada versi Word paling baru yaitu pada rentang versi 2013 hingga 2019, karena pada rentang tersebut masih terbilang baru.

Karena masih baru pastinya berbeda dengan versi lamanya, perbedaan tersebut hanya terletak pada bagian awalnya, untuk cara membuat watermark pada Word terbaru kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Langkah pertama buka Micorosft Word versi 2013 sampai 2019 pada perangkat yang kamu gunakan.
  2. Setelah itu cari menu Design pada menu bar.
    cara watermark microsoft word
  3. Jika sudah kamu bisa fokus ke bagian paling kanan.
  4. Dibagian kanan akan terdapat menu yang bertuliskan Watermark.
    watermark
  5. Kamu klik bagian tersebut, dan kemudian pilih Watermark yang ingin kamu pakai.
    watermark word 2
  6. Kamu juga bisa menggunakan menu Custom apabila ingin menggunakan watermark milik pribadi.
    cara watermark microsoft word
  7. Atau kamu juga bisa mengubah bentuk teks dari watermark dengan memilih menu Text Watermark, pada menu tersebut kamu bisa mengubah Font, Size Font, dan lain sebagainya.
  8. Jika semua sudah beres kamu bisa menekan tombol OK ataupun Apply.

Baca juga : Cara Mencari Grup di Telegram

2. Cara Membuat Watermark di Microsoft Word 2010

Microsoft Word 2010 merupakan versi yang sudah cukup lama ketika artikel ini dibuat, dan cara menambah watermark pada versi ini pastinya cukup berbeda dengan versi atasnya, berikut ini caranya :

  1. Pertama buka Microsoft Word 2010 yang ada pada perangkat kamu.
  2. Jika sudah pergi ke menu Page Layout yang ada pada menu bar.
    cara watermark microsoft word
  3. Selanjutnya pilih menu Watermark, dan kemudian klik pada Custom Watermark apabila ingin mengubah bentuk watermark, jika tidak kamu bisa langsung memilih watermark yang disediakan oleh Microsoft Word 2010.
  4. Apabila sudah masuk ke Custom Watermark kamu bisa memilih watermark berbentuk gambar ataupun teks.
  5. Jika kamu memilih bentuk teks kamu bisa mengubah bentuk font, ukuran font dari watermark tersbut dan juga warna dari watermark.
  6. Selain itu kamu bisa memilih watermark ingin berbentuk Horizontal ataupun Diagonal.
  7. Apabila semua sudah sesuai keinginan kamu maka kamu bisa menakan tombol OK ataupun Apply untuk menyimpan Watermark tersebut.

3. Membuat Watermark di MacOS

MacOS merupakan sebuah sistem operasi buatan Apple yang pastinya sangat berbeda dengan Windows, dengan itu juga pastinya tampilan dari Micorosft Word agak berbeda dengan versi Windowsnya.

Baca juga : Cara Membuat Tabel Di Word Dengan Cepat 

Untuk kamu yang ingin menggunakan Watermark namun menggunakan sistem operasi MacOS, maka kamu bisa mengikuti tutorial dibawah ini :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Micorosft Word.
  2. Setelah itu pilih menu Design.
    cara watermark microsoft word
  3. Pada menu Design tersebut akan terdapat menu Watermark.
  4. Kamu bisa menekan menu Watermark tersebut.
  5. Jika sudah kamu bisa memilih jenis Watermark yang ingin kamu gunakan, kamu bsia menggunakan bentuk tulisan ataupun gambar.
  6. Apabila kamu memilih bentuk Watermark teks, maka kamu bisa mengubah bentuk teks, warna, ukuran, dan juga tingkat transparansinya.
    MacOS
  7. Jika semua tersebut sudah berhasil kamu atur maka langkah terakhirnya kamu hanya perlu menekan tombol OK agar watermark tersebut tersimpan.

Itulah 3 cara yang dapat kamu gunakan pada setiap versi dari Microsoft Word mulai dari versi yang cukup lama yaitu versi 2010 ke yang paling terbaru yaitu pada versi 2013-2019, dan juga pada versi perangkat lainnya yaitu MacOS.

Penggunaaan watermark pastinya sangat diperlukan apabila tidak ingin terjadinya copy paste data dengan seenaknya. Dan itulah cara membuat watermark di Micorosft Word, apabila kamu ingin membaca artikel lainnya maka kamu bisa membuka Kabelkusutblog.com.