Cara Kirim Tugas di Google Classroom

1 min read

hapus kelas google classroom

Cara Kirim Tugas di Google Classroom – Google Classroom merupakan sebuah aplikasi buatan Google yang sangat berguna untuk mengumpulkan berbagai macam tugas secara online.

Google Classroom pastinya banyak sekali digunakan pada sekarang ini karena sangat membantu para guru atau siswa yang ingin mengirimkan tugas tanpa perlu ke sekolah.

Apabila kamu ingin menggunakan Google Classroom pastinya kamu diwajibkan memiliki akun Google, karena jika tidak maka kamu tidak akan bisa masuk ke aplikasi ini.

Selain harus memiliki akun Google, akun Google kamu itu juga harus masuk ke kelas yang nantinya di share oleh para guru, jika sudah masuk ke kelas tersebut maka kamu bisa mengirimkan tugas.

Tugas-tugas yang dapat kamu kirimkan yaitu berupa dokumen, gambar, ataupun file spreadsheet, dan jika sudah dikirimkan maka guru dapat langsung melihatnya.

Berikut ini Cara Kirim Tugas di Google Classroom

Google Classroom dapat kamu askes menggunakan berbagai macam perangkat yaitu seperti menggunakan Laptop, Komputer, bahkan kamu bisa menggunakan HP.

Namun pastinya akan memiliki perbedaan walaupun tidak banyak seperti di Komputer atau Laptop akan sedikit berbeda ketika kamu menggunakan HP.

Baca juga : 5 Aplikasi Belajar Online Yang Membantu Kamu Dalam Pembelajaran

Perbedaan tersebut tidaklah terlalu jauh sehingga kamu masih bisa memahami, apabila kamu masih bingung bagaimana mengirim tugas menggunakan perangkat seperti Laptop, Komputer ataupun HP, kamu bisa mengikuti cara-cara dibawah ini :

1. Kirim Tugas di Google Classroom Menggunakan Komputer atau Laptop

kirim tugas google classroom

Cara pertama yang dapat kamu gunakan utnuk mengupload atau mengirim tugas adalah dengan cara menggunakan Komputer ataupun Laptop.

Apabila kamu menggunakan perangkat ini pastinya yang kamu perlukan adalah sebuah internet dan juga sebuah browser, karena untuk menggunakan perangkat Komputer atuapun Laptop kamu tidak perlu menginstall aplikasi, berikut ini cara mengirim tugasnya :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka website resmi dari Google Classroom, yaitu di classsroom.google.com.
  2. Jika sudah pilih akun Gmail kamu yang terdapat kelas yang ingin kamu inputkan tugas tersebut.
  3. Selanjutnya masuk ke bagian Homepage.
  4. Pilih pada bagian Tugas Kelas dan selanjutnya pilih Tambahkan Tugas.
  5. Untuk hal ini kamu bisa memilih berbagai macam opsi seperti melalui Google drive, link, ataupun file.
  6. Untuk kamu yang ingin menampilkan fokumen baru, bisa memilih bentuk file seperti PDF, JPG, PNG, atau kamu juga bisa gunakan Spreadsheet.
  7. Jika memang berhasil maka langkah terakhir adalah dengan menekan tombol Serahkan.

2.  Menggunakan HP

kirim tugas google classroom

Cara kedua untuk kirim tugas di Google Classroom yaitu menggunakan HP, untuk kamu yang ingin menggunakan HP harus dipastikan bahwa di HP kamu sudah terinstall aplikasi Google Classroom.

Baca juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Lihat Viewers Story Instagram

Apabila belum terinstall kamu bisa megsintallnya melalui Playstore untuk Android atau menggunakan Appstore apabila kamu menggunakan iOS, berikut ini cara menggirimkan tugas menggunakan HP :

  1. Pertama buka aplikasi Google Classroom pada HP kamu.
  2. Login menggunakan akun Google kamu yang tertaut dengan kelas yang ingin kamu masukkan tugas.
  3. Selanjutnya pilih menu Kelas.
  4. Jika sudah maka klik pada menu Tugas Kelas.
  5. Apabila sudah masuk ke Tugas Kelas smaka selanjutnya adalah mengklik menu Tugas.
  6. Tugas kamu akan muncul dengan menampilkan Kartu Tugas, dan kamu bisa mengklik menu Luaskan.
  7. Masukkan dokumen tugas yang sebelumnya kamu buat dan yang akan dikirim ke guru kamu.
  8. Jika memang sudah dipastikan tidak salah pada filenya kamu bisa menekan tombol Serahkan dan kemudian menekan tombol Konfirmasi

Itulah 2 cara cepat untuk kirim tugas menggunakan Google Classroom, apabila kamu ingin membaca artikel lainnya kamu bisa mengunjungi Kabelkusutblog.com.