Cara Mengatasi Kipas Laptop yang Berisik

2 min read

mengatasi kipas laptop berisik

Cara Mengatasi Kipas Laptop yang Berisik – Bagian laptop yang sangat penting selain baterai adalah kipas, dengan adanya kipas kita dapat menjaga suhu yang ada pada laptop.

Suhu yang normal di dalam mesin laptop akan menjaga kesehatan laptop dan juga perangkat-perangkat yang ada di dalam laptop lainnya seperti mesin, vga dan lain-lainnya.

Namun kipas yang ada di laptop juga pasti akan mengalami masalah seperti tidak mau berputarnya si kipas dan yang kerusakan yang lainnya adalah kipas menjadi sangat berisik atau bising.

Baca juga : Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop

Banyak sekali penyebab dari kipas yang berisik, berikut ini beberapa penyebabnya :

  1. Kipas kotor dengan banyaknya debu yang mengganjal akan mengakibatkan kipas mengalami kesulitan berputar dan menjadikannya berisik.
  2. Terlalu banyaknya membuka aplikasi.
  3. Kipas rusak, jika laptop kamu sudah tua maka penyebab yang ketiga ini dapat dialami oleh laptop kamu.

Itulah 3 penyebab yang dapat mengakibatkan kipas laptop kamu menjadi berisik, kamu juga dapat mengatasi kipas yang berisik ini dengan mudah dan juga cepat.

Kami Kabelkusutblog.com sudah merangkum beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi kipas laptop yang berisik.

Berikut ini Cara Mengatasi Kipas Laptop yang Berisik

1. Hentikan atau Tutup Aplikasi yang Tidak Terpakai

mengatasi kipas laptop berisik

Cara pertama yang dapat kamu coba untuk mengatasi kipas laptop yang bersiik adalah dengan menutup atau juga menghentikan aplikasi yang seikiranya sudah tidak kamu pakai lagi.

Dengan banyaknya aplikasi yang terbuka pada laptop kamu maka akan membuat kinerja mesin menjadi bertambah berat.

Dengan bertambah beratnya kinerja mesin laptop maka akan bertambahnya suhu yang ada pada laptop dengan suhu yang panas tersebut akan memaksa kipas laptop untuk bekerja lebih berat.

Bekerja lebih berat pada kipas laptop tersebut bermaksud untuk menornamalkan suhu yang ada pada laptop agar kembali menjadi normal suhunya.

Baca juga : Cara Repair Windows 7

Untuk kamu yang merasa tidak nyaman terhadap kipas yang berisik tersebut dapat menutup beberapa aplikasi yang mungkin kamu membukanya terlalu banyak.

Dan apabila ada aplikasi yang berjalan di belakang layar kamu dapat menutupnya dengan membuka aplikasi Task Manager dan pilih disable pada beberapa aplikasi.

2. Update Sistem Operasi

mengatasi kipas laptop berisik

Dengan sistem operasi yang sudah usang yang ada pada laptop kamu dapat membuat penurunan performa yang dapat membuat kipas menjadi berisik.

Kamu bisa mengupdate sistem operasi atau OS yang ada di laptop agar meningkatkan kembali performa yang ada pada laptop dan pastinya dengan adanya update tersebut akan memperbarui segala hal yang sebelumnya kurang.

Dan juga dengan mengupdate akan membuat bug-bug yang sebelumnya ada di OS akan menajdi hilang dengan melakukan update, dengan begitu tidak akan lagi terdengar berisik dari dalam kipas laptop.

3. Periksa Suhu Laptop

realtemp

Cara ketiga untuk mengatasi kipas laptop yang berisik adalah dengan memeriksa suhu yang ada pada laptop, untuk mengecek suhu yang ada di laptop kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti RealTemp.

Atau apabila kamu tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga kamu bisa menggunakan Task Manager pada bagian Task Manager tersebut akan ditampilkan suhu dan apabila sudah mencapai 100% maka kamu harus menurunkannya dengan mengclose beberapa aplikasi atau mengistirahatkan laptop.

4. Bersihkan Kipas Laptop

mengatasi kipas laptop berisik

Cara keempat ini kamu harus bisa membuka atau membongkar laptop, karena kipas laptop pastinya ada di dalam dan biasanya ada didekat mesin laptop.

Jika kamu sudah berhasil membuka atau membongkar laptop maka langkah selanjutnya adalah membersihkan kipas tersebut dari debu-debu yang biasanya akan menempel pada kipas.

Dengan banyaknya debu yang ada pada kipas maka akan membuat kipas tersebut berbunyi cukup keras dan akan mengganggu kamu apabila sedang menggunakan laptop.

Jika kamu memang belum ahli dalam membongkar laptop kamu bisa membawa laptop tersebut ke tempat service dan minta ke tempat service tersebut unutuk membersihkan laptop kamu biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp.20.000 – Rp.50.000.

Baca juga : Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi

5. Melakukan Defrag

mengatasi kipas laptop berisik

Dengan melakukan Defrag maka kamu bisa memelihara beberapa hal yang ada pada laptop seperti Processor, hardisk, dan juga RAM, yang dengan cara memelihara tersebut maka kamu bisa membuat bunyi yang ada pada kipas akan menghilang.

Dan kebanyakan orang untuk melakukan defrag pada laptop setiap bulannya agar ketiga perangkat yang sudah kami sebutkan tersebut terus terjaga kesehatannya.

6. Membawanya Ketempat Service

service center

Apabila 5 cara diatas tidak dapat membuat bunyi yang ada di kipas laptop kamu menghilang maka kami menyarankan untuk membawa laptop tersebut ke tempat service yang sudah kamu percaya sebelumnya.

Dengan membawanya ke tempat service maka akan banyak orang yang sudah ahli dalam bidang laptop akan memperbaiki kipas tersebut.

Biasanya apabila memang kipas sudah rusak akan menggantinya dengan kipas yang baru agar kipas tersebut berjalan dengan nornmal kembali.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengatsi kipas laptop yang berisik, apabila kamu ingin membaca artikel lainnya maka kamu bisa mengunjugi Kabelkusutblog.com.