7 Aplikasi Text Editor Coding Pemograman Terbaik & Keren Tahun 2020

3 min read

aplikasi text editor

7 Aplikasi Text Editor Coding Pemograman Terbaik & Keren Tahun 2020 Jika kalian adalah seorang programmer hal wajib yang harus dimiliki adalah Teks Editor yang akan membantu kalian dalam membuat program aplikasi atau website.

Banyak sekali aplikasi text editor yang dapat mempermudah kamu dalam coding dan pada tampilan aplikasi-aplikasi text editor tersebut sudah banyak yang memiliki tampilan yang menarik dan elegant sehingga ketika kalian sedang mengcoding sebuah program tidak mudah bosan dan capek ketika melihat text dilayar.

Aplikasi-aplikasi text editor sekarang ini memiliki warna-warna yang menarik di dalamnya yang mempermudah untuk membedakan bahasa pemograman yang satu dengan bahasa pemograman yang lainnya, seperti SQL,RUBY,PHP, dan masih banyak bahasa pemograman lainnya.

Pengertian teks editor :

Text editor adalah suatu software aplikasi yang mmebantu si pengguna untuk membuat, mengubah atau mengediit file teks yang ada berupa plain text. Text editor juga sebenarnya bisa digunakan untuk membuat program-program komputer atau website dan dapat pula untuk mengedit source code dari berbagai bahasa pemograman.

Ada banyak sekali nama-nama text editor, mulai dari yang sederhana sampai yang memiliki fitur yang sangat lengkap dengan plugin-plugin yang membantu si pengguna.

Baca juga : 10 Website belajar coding online secara gratis

Berikut ini 7 Aplikasi Text Editor Terbaik di tahun 2020

1. Sublime Text

sublime text

Sublime Text adalah text editor yang paling banyak di pakai sekarang ini karena tampilannya yang terbilang sangat wah dan dinamis. Di sublime text tersedia berbagai tema yang dapat di pilih sesuai selera.

Sublime Text dapat di gunakan di berbagai sistem operasi atau biasa disebut OS yaitu seperti Windows, Linux, dan Mac, jadi kalian tidak usah memikirkan lagi tentang os yang harus dipilih untuk menjalankan aplikasi editor text ini.

Sublime Text dapat digunakan secara gratis namun kalian akan terkena batasan waktu. Jika kalian ingin menggunakannya secara full kalian diharuskan membayar sekitar $70.

Pengertian Sublime Text

Sublime text adalah editor kode sumber cross-platfrom shareware dengan antarmuka pemograman aplikasi Python. Secara asli mendukung banyak bahasa pemograman dan bahasa markup, dan dapat ditambahkan plugin oleh pengguna agar mudah menggunakan text editor ini.

2. Visual Studio Code

visual studio code

Visual Studio Code adalah aplikasi text editor yang di pakai saya sendiri. Text editor ini memiliki tampilan yang cukup bagus dan mudah di pahami. Text editor ini dibuat oleh Microsoft, walaupun di buat oleh Microsoft text editor ini dapat dipakai di berbagai sistem operasi lainnya yaitu Mac Os dan juga Linux. Visual Studio Code dapat kalian gunakan gratis dengan mendownloadnya langsung di situs resminya.

Pengertian Visual Studio Code

Visual studio code adalah code editor yang dikembangkan oleh Microsoft untuk Windows, Linux, dan juga Mac Os. Visual Studio Code mencakup untuk debugging, kontrol Git yang tertanam dan GitHub.

Baca juga : Cara membuat tulisan berjalan di HTML

3. Atom

aplikasi text editor

Atom adalah text editor yang tidak kalah bagus dengan Sublime Text. Tampilan dari Atom sangat enak di pandang dan juga sangat elegan, Atom sendiri mendukung banyak sekali bahasa pemograman. Jika kalian butuh sekali bantuan-bantuan yang lain kalian dapat menambahkan plugin melalui menu plugin yang tersedia di text editor ini.

Text editor Atom tersedia di berbagai sistem operasi diantaranya yaitu Windows, Mac OS, dan juga Linux. Jadi kalian tidak usah bingung lagi untuk menginstall salah satu text editor ini.

Pengertian Atom

Atom adalah code editor yang gratis dan terbuka untuk Mac Os, Linux, dan juga Windwos dengan dukungan plugin yang ditulis dalam Node.js, dan tertanam Git Control, yang dikembangkan oleh GitHub. Atom adalah aplikasi dektop yang dibangun menggunakan teknologi web.

4. Notepad ++

aplikasi text editor

Text editor yang keempat adalah Notepad ++, dari namanya memang tidak jauh atau hampir sama dengan notepad tapi fitur di dalam Notepad ++ sangat berbeda jauh di bandingkan Notepad. Di Notepad++ fitur yang di tawarkan sangatlah lengkap, bahasa pemograman yang didukung juga sangatlah lengkap.

Text editor Notepad++ hanya bisa digunakan sistem operasi Windows, jadi jika kalian menggunakan sistem Mac OS atau Linux tidak dapat menginstall aplikasi text editor ini. Text editor Notepad++ ini gratis, kalian dapat mendownload aplikasi ini di situs resminya.

Pengertian Notepad++

Notepad++ adalah code editor yang berjalan di sitem operasi Windwos. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilka dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemograman.

Baca juga : 12 Rumus Excel Yang Wajib Di Ketahui Bagi Pemula Beserta Contohnya

5. Komodo Edit

aplikasi text editor

Komodo Edit adalah salah satu alternatif jika kalian tidak dapat menginstall 4 aplikasi di atas. Komodo Edit adalah text editor yang bisa dibilang sangatlah ringan. Kalian dapat memilih tampilan yang ingin di gunakan di text editor ini.

Text editor ini dapat digunakan untuk bahasa pemograman yang cukup tinggi seperti perl, ruby, python, tcn dan masih banyak lagi. Komodo edit dapat digunakan di 3 sistem operasi yaitu Mac Os, Linux, dan juga Windows.

Pengertian Komodo Edit

Komodo edit adalah code editor yang terbuka untuk bahasa pemograman dinamis. Komodo edit di perkenalkan pada Januari 2007 untuk melengkapi IDE Komodo komersial ActiveState. Pada versi ke 4.3 Komodo edit dibagun di atas proyek Open Komodo.

6. Bluefish

aplikasi text editor

Bluefish merupakan text editor yang cukup canggih pada jamannya, namun sekarang ini pengguna aplikasi ini sangatlah jarang di jumpai. Bluefish ini bisa menjalankan berbagai macam bahasa pemograman di antaranya HTML, XHTML, CSS, XML, PHP, C, C++, JavaScript, JSP, Phython, Ruby dan juga bahasa pemograman Shell.

Bluefish juga tidak kalah dengan bahasa pemograman lainnya yaitu text editor Bluefish dapat kamu jalan di berbagai sistem operasi di antaranya Linux, MacOS, dan juga Windows. Bluefish merupakan text editor yang sangat ringan jadi kamu tidak usah khawatir apabila kapasitas RAM pada PC atau Laptop kamu kurang memadai.

7. UltraEdit

aplikasi text editor

Aplikasi text editor terakhir yang dapat membantu kamu dalam pemograman adalah UltraEdit, UltraEdit merupakan text editor yang disediakan gratis oleh developernya namun hanya 30 hari atau yang biasa disebut dengan trial dan apabila kamu ingin menggunakan text editor ini selamanya kamu diwajibkan membelinya.

Text Editor UltraEdit dapat kamu install di sistem operasi mana saja diantaranya yaitu MacOS, Windows, dan juga di Linux.UltraEdit memiliki tampilan yang cukup bagus, sangat modern, dan nyaman dipandang jadi kamu tidak akan bosan ketika sedang mengerjakan suatu pemograman.

Nah di atas adalah 7 text editor coding yang dapat kalian gunakan di PC maupun Laptop. Kalian dapat menggunakan text editor di atas untuk menunjang kegiatan pemograman kalian.

Jika kalian ingin membaca artikel inspiratif lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com