10 Aplikasi Edit Foto di PC Terbaik dan Ringan Tahun 2023

2 min read

10 aplikasi edit foto

Aplikasi Edit Foto di PC – Editing pada foto sangatlah penting agar memperindah tampilan foto. Aplikasi edit foto di komputer telah menjadi kebutuhan banyak orang. Tidak sedikit orang yang memasang aplikasi editing foto di komputer mereka masing-masing.

Yang paling sering dipasang di komputer ataupun laptop kebanyakan orang adalah aplikasi buatan adobe yaitu Adobe Photoshop. ya, walaupun kebanyakan orang juga memasang versi bajakannya.

Pada dasarnya aplikasi editing foto selain Adobe Phtoshop cukuplah banyak ada yang gratis maupun berbayar. Anda dapat memasang aplikasi-aplikasi tersebut di laptop atau komputer anda baik yang menggunakan Windows XP, Windows 7 , Windows 10, Linux, dan masih banyak lagi.

Baca juga : 7 Aplikasi edit foto di Android terbaik

10 Aplikasi Edit Foto di PC Terbaik dan Ringan

1. Adobe Photoshop

10 aplikasi edit foto

Adobe Photoshop adalah aplikasi yang cukup terkenal dan banyak sekali orang yang memakai aplikasi ini untuk mengedit foto. Adobe Photoshop dapat anda gunakan untuk mengedit Vektor vexel, Smudge, Manipulasi gambar, Menjernihkan gambar, dan masih banyak lagi kegunaanya.

Software atau aplikasi ini memilik tools-tools yang sangat komplit dan memudahkan anda untuk mengedit gambar yang anda inginkan. Namun jika anda belum pernah sama sekali memegang aplikasi desain grafis mungkin agak sedikit sulit dalam menggunakan aplikasi ini. Jangan berkecil hati di Google.com banyak sekali tutorial mengenai software yang satu ini.

2. GIMP

10 aplikasi edit foto

Software untuk mengedit foto yang kedua adalah GIMP, aplikasi ini dapat anda gunakan dengan gratis. Aplikasi ini bisa dibilang hampir setara dengan Adobe Photoshop dalam segi editing foto. Namun untuk fitur-fitur di aplikasi ini ada yang berbayar.

GIMP merupakan aplikasi open source, karena open sourcenya itu banyak yang menyukai aplikasi ini mulai dari kalangan desainer dan editor foto menyukai aplikasi ini. Aplikasi ini dapat kalian gunakan di berbagai macam sistem operasi mulai dari Linux, Windows, dan Mac.

3. Adobe Lightroom

10 aplikasi edit foto

Aplikasi yang ketiga adalah Adobe Lightroom. Selain ada di versi mobile Adobe Lightroom juga tersedia versi dekstopnya. Adobe Lighroom versi dekstop memiki vitur yang sangat lengkap sekali, anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengedit foto anda menjadi lebih bagus. Jika anda ingin mengedit foto saja saya sarankan untuk memilih aplikasi ini dibandingkan Adobe Photoshop.

4. CorelDraw

10 aplikasi edit foto

Aplikasi ini cukup terkenal dan menjadi saingan Adobe Photoshop di segi editing. Aplikasi ini sangat terkenal bagi para pecinta vektor. Tools-tools di dalamnya sangatlah familiar di kalangan editing foto sehingga sangatlah mudah dipahami dan di gunakan.

Selain digunakan untuk editing logo, vektor, brosur. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengedit foto anda.

5. PhotoScape

10 aplikasi edit foto

Software yang kelima adalah PhotoScape. PhotoScape merupakan editing foto yang cukup lama yang saya kenal. Dari tampilannya saja sangatlah mudah di pahami dan digunakan untuk pemula. Selain digunakan untuk editing foto, PhotoScape juga dapat anda gunakan untuk membuat GIF, menangkap layar, kolase, dan masih banyak lainnya.

Baca juga : 8 Aplikasi membuat brosur terbaik di android dan pc

6. PaintShop Pro

paintshop pro

PaintShop Pro merupakan aplikasi yang diterbitkan oleh Jasc Software pada bulan Oktober 2004. Namun sekarang ini aplikasi ini sudah di akuisisi atau dibeli oleh Corel. Sama seperti aplikasi edting foto lainnya PaintShop Pro memiliki fitur yang sangat lengkap. dengan fitur yang lengkap tersebut banyak sekali Editor dan Fotografer memilih aplikasi ini untuk digunakan.

7. GIMPShop

gimpshop

Karena aplikasi sebelumnya berupa Open Source maka para pengembang mulai memanfaatkan aplikasi ini untuk di kembangkan dan keluarlah aplikasi baru yang diberi nama GIMPShop. Aplikasi ini dikembangkan untuk para pengguna sistem operasi Linux tampilan dari aplikasi ini hampir sama dengan Photoshop.

8. Artweaver

artweaver

Selain digunakan untuk editing foto, Aplikasi ini juga dapat anda gunakan untuk membuat sketsa muka atau sketsa apapun dan menjadikannya gambar kartun. Jika anda suka dalam seni melukis mungkin aplikasi ini sangatlah cocok. Aplikasi ini memiliki 2 versi yaitu yang gratis dan berbayar.

9. Affinity Photo

10 aplikasi edit foto

Aplikasi Affinity Pro memiliki fitur-fitur unggulan di bandingkan aplikasi lainnya yaitu Full HDR Merge, Tone Mapping, dan 360-degree Image Editting. Aplikasi editing satu ini akan menyuguhkan hasil edit yang sangatlah detail yang dapat membuat kalian senang dengan hasilnya dan tidak kecewa.

10. Photo Pos Pro

10 aplikasi edit foto

Tampilan aplikasi ini sangatlah mirip dengan Adobe Photoshop. Aplikasi Photo Pos Pro dapat anda install dengan gratis. Aplikasi ini dapat anda gunakan untuk mendesain, memotong foto, mengolah gambar atau foto, dan masih banyak lainnya yang dapat anda lakukan dengan aplikasi ini.

Banyak sekali tools-tools yang mirip dengan Photoshop diantaranya layers, special effect, masks, selection tool, dan masih banyak sekali tools yang mirip dengan Photoshop, sehinnga anda akan mudah menggunakan aplikasi ini yang sebelumnya menggunakan Adobe Photoshop.

Demikian artikel tentang 10 Aplikasi Edit Foto di PC Terbaik dan Ringan Tahun 2020, Jika kalian ingin membaca artikel inspiratif lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com