8 Aplikasi Perekam Layar PC dan Laptop Terbaik Tahun 2022

2 min read

aplikasi perekam layar

Aplikasi Perekam Layar – Layar merupakan bagian penting bagi setiap perangkat-perangkat modern sekarang ini seperti Laptop, Komputer maupun Hp pastinya mereka memerlukan layar untuk dapat dioperasikan.

Para Youtuber ataupun para pembuat tutorial melalui video pastinya sekarang sering sekali merekam layarnya agar memperjelas kegiatan apa yang sedang mereka lakukan dan membuat para pemirsa atau orang yang menyaksikan tidak bingung.

Namun untuk merekam layar pastinya memerlukan aplikasi atau yang dikenal dengan Software, Software perekam layar pastinya akan memudahkan untuk kamu yang ingin merekam layar.

Untuk kamu yang masih bingung aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk merekam layar laptop maupun komputer kamu maka kamu bisa menyimak artikel ini karena akan menyajikan beberapa aplikasi perekam layar.

Baca juga : Aplikasi Perekam Suara di Android

Berikut ini 8 Aplikasi Perekam Layar PC dan Laptop Terbaik Tahun 2022

1. Bandicam

aplikasi perekam layar

Setiap orang pastinya tidak asing dengan aplikasi yang satu ini yaitu Bandicam. Aplikasi ini pasti paling dicari apabila ingin menggunakannya untuk merekam layar dan pastinya sangat mudah untuk menggunakannya.

Namun aplikasi ini tidak gratis apabila kamu ingin menggunakannya dengan full fitur, apabila kamu ingin menggunakannya secara gratis maka akan ada fitur yang dibatasi.

Seperti merekam layar hanya mampu sampai 10 menit dan apabila sudah mencapai batas tersebut akan berhenti dan juga akan ada watermark bertuliskan Bandicam pada layar bagian atas ketika merekam atau rekaman sudah selesai.

2. OBS

aplikasi perekam layar

Open Broadcaster Software atau biasa kita kenal dengan sebutan OBS. OBS ini merupakan salah satu aplikasi yang sudah cukup terkenal di kalangan Streamer-Streamer game pada platform Youtube maupun lainnya.

Aplikasi ini sering sekali dijadikan aplikasi untuk memulai video siaran langsung pada Youtube, Facebook dan lainnya karena penggunaannya yang cukup dipahami.

Selain dapat memulai video siaran langsung kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk merekam layar yang ada pada laptop maupun komputer yang sedang kamu gunakan.

OBS memiliki fitur rec atau rekam pada aplikasinya yang pasti dapat kamu gunakan untuk merekam layar dan penggunaannya sangat amat bagus karena memiliki fitur yang komplit.

3. Streamlabs OBS

aplikasi perekam layar

Aplikasi ini sama dengan aplikasi sebelumnya yaitu OBS yang dapat digunakan untuk melakukan live atau siaran langsung pada platform Youtube dan lainnya.

Penggunaanya cenderung lebih mudah ketimbang OBS yang pengaturannya lebih kompleks dan dijamin akan kesulitan apabila belum biasa menggunakan aplikasi OBS.

Streamlabs OBS memiliki tampilan yang simple dan dijamin apabila kamu pengguna baru maka akan segera paham dan mengerti cara penggunaan dari aplikasi ini.

Fitur lainnya dari aplikasi ini adalah kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk merekam layar laptop maupun komputer dengan kualitas gambar yang baik dan bagus.

Baca juga : 7 Aplikasi Pemutar Video di Laptop dan PC

4. Movavi Screen Recorder Studio

aplikasi perekam layar

Aplikasi perekam layar selanjutnya adalah Movavi Screen Recorder Studio, aplikasi ini sudah cukup terkenal di kalangan editor video karena aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk mengedit video.

Dan tak kalah penting aplikasi ini juga dapat kamu gunakan untuk merekam layar atau menangkap tayangan layar dengan mudah dan simple.

Selain itu kamu juga dapat merekam layar lalu menggunakan webcam untuk merekam pergerakan kamu dan menggabungkannya sekaligus tanpa harus mengeditnya lagi.

5. Filmora Scrn

aplikasi perekam layar

Siapa yang tidak kenal aplikasi yang satu ini yaitu Filmora, Filmora adalah aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengedit suatu video dengan mudah bahkan bisa menjadi terlihat sangat ahli dalam mengedit.

Filmora pun mengeluarkan aplikasi terbarunya yaitu Filmora Scrn yang dapat dipergunakan untuk merekam layar dengan mudah dan sangat difokuskan untuk para gamer.

Fitur yang disediakan pun memiliki fitur ke gamer karena cukup simple dalam penggunaannya dan pastinya aplikasi ini cukup ringan ketika digunakan untuk merekam.

6. Free Screen Video Recorder

free screen video recorder

Free Screen Video Recorder merupakan aplikasi perekam layar yang gratis yang artinya kamu tidak akan dapat pengurangan fitur dari aplikasi ini ketika menggunakannya secara gratis.

Aplikasi ini hanya gratis ketika kamu menggunakan produk dari Windows yaitu seperti Windows  7, Windows 8, dan juga Windows 10 dan tidak dapat digunakan untuk sistem operasi lain.

Fitur yang disajikan aplikasi ini antara lain yaitu Resize yaitu menentukan bagian mana yang ingin direkam, Rotasi mengatur rotasi rekaman, dan yang terakhir adalah memotong video.

Baca juga : 10 Situs Download Subtitle Terbaik dan Terlengkap Tahun 2022

7. Camtasia

camtasia

Camtasia memiliki fitur yang cukup dan bahkan sangat lengkap seperti template-template yang akan memudahkan para penggunanya.

Selain itu juga aplikasi ini memiliki preset-preset yang lengkap sehingga para pengguna mudah mengoperasikan aplikasi ini dan pasti seperti seorang profesional.

Aplikasi ini dapat berguna untuk merekam layar dan juga mengganbungkannya dengan webcam apabila kamu memilikinya agar ketika presentasi menjadi cukup mudah.

Namun aplikasi ini tidaklah gratis kamu harus membayar sejumlah uang apabila ingin memiliki fitur yang lengkap kamu harus merogoh kocek sebesar 2,5 jutaan untuk versi lengkap dan update dari Camtasia.

8. CamStudio

CamStudio

Rekomendasi aplikasi perekam layar yang terakhir adalah aplikasi yang bernama CamStudio, aplikasi ini memiliki tampilan yang simple dan sangat mudah untuk digunakan bagi para pemula.

Saat merekam layar kamu dapat menambahkan teks dan tak lupa aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap walaupun tampilannya yang begitu sederhana.

Aplikasi ini adalah aplikasi perekam layar gratis dan kamu bisa mencoba berbagai macam fitur yang disediakan di aplikasi ini secara cuma-cuma.

Jika kalian ingin membaca artikel inspiratif lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com