Kelebihan dan Kekurangan Harddisk (HDD)

1 min read

kelebihan dan kekurangan harddisk

Kelebihan dan Kekurangan Harddisk (HDD) – Harddisk atau yang biasa disebut dengan sebutan HDD merupakan sebuah penyimpanan yang sudah lama sekali ada, perangkat ini dibuat oleh insinyur dari IBM pada tahun 1956.

Pengertian daripada Harddisk adalah sebuah komponen keras yang dapat digunakan sebagai penyimpanan data sekunder dan juga berisi piringan magnetis yang apabila sedang bekerja piringan tersebut akan berputar.

Harddisk ini memiliki ciri-ciri yang dapat mudah kita pahami, berikut ini ciri-cirinya :

  1. Bentuknya persegi dengan memiliki lapisan plat.
  2. Adanya lempengan magnetik yang kuat di sekitar sensor pita.
  3. Memiliki port IDE atau SATA yang berguna untuk menjadi konektor ke Mainboard atau Motherboard.
  4. Adanya Sector pada tiap sell piringan.

Baca juga : Perbedaan SSD dan HDD yang Wajib Kalian Ketahui

Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Harddisk (HDD)

Perangkat penyimpanan pastinya memiliki kelebihan maupun kekurangan yang mungkin akan masuk ke pertimbangan apabila ingin menggunakannya untuk penyimpanan file yang ada di komputer maupun laptop, berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Harddisk (HDD).

Kelebihan Harddisk (HDD)

Walaupun perangkat yang sudah lama ada pastinya Harddisk ini masih amat berguna hingga sekarang yang membuatnya masih di pakai di komputer atau laptop-laptop yang baru dirilis, berikut ini kelebihan daripada Harddisk :

1. Harga Murah

Kelebihan yang pertama adalah harga yang murah, HDD memiliki harga yang bisa dibilang murah karena dengan uang 300 ribuan sudah mendapatkan kapasitas yang 500GB dan dengan uang yang lebih besar lagi kamu bisa mendapatkan kapasitas lebih besar lagi.

2. Kapasitas Besar

Yup, setau admin kapasitas paling kecil daripada HDD yang digunakan di perangkat komputer ataupun laptop sekarang berukuran 500GB dan terkadang ada yang menggunakannya lebih dari itu yaitu 1TB, yang pasti menggunakan HDD dapat menekan budget.

3. Umur Lebih Lama

Harddisk sendiri memiliki umur yang lebih lama apabila kamu menjaganya dengan baik karena Harddisk sendiri bisa bertahan lebih dari 5 Tahun apabila tidak sering terbentur, karena hal paling riskan di Harddisk adalah terbentur.

Kelemahan Harddisk (HDD)

kelebihan dan kekurangan harddisk

Setiap perangkat pastinya memiliki kekurangan termasuk Harddisk ini pastinya memiliki beberapa kekurangan yang dapat kamu masukkan kedalam pertimbangan apabila ingin menggunakan Harddisk, berikut ini kekurangan Harddisk :

1. Suara Berisik

Kelemahan dari Harddisk pertama yang sering kamu temui apabila menggunakan Harddisk adalah suaranya yang cukup berisik apabila sedang aktif, karena Harddisk sendiri menggunakan sebuah piringan apabila piringan tersebut bergerak maka akan menimbulkan suara.

2. Mudah Rusak

HDD memiliki kelemahan yaitu apabila kita sering membuatnya terguncang maka disk atau piringan yang ada di dalam Harddisk akan mengalami kerusakan yang membuatnya tidak bisa terpakai lagi dan kita harus menggantinya dengan yang baru.

3. Boros Listrik

Harddisk apabila sedang bekerja akan memunculkan sebuah suara yang cukup bising yang membuatnya akan menggunakan listrik yang cukup banyak yang menyebabkan aliran watt cukup besar, untuk itu HDD boros dengan listrik berbanding terbalik dengan SSD yang hemat listrik.

Sekian artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan Harddisk (HDD), apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com