Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis

2 min read

7 cara mengatasi memori

Cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis – Pastinya kita akan kesal ketika ingin menginstall aplikasi namun muncul notifikasi bahwa memori internal penuh. Lalu anda akan menghapus beberapa aplikasi untuk menginstall aplikasi yang anda inginkan namun tetap saja ada tulisan bahwa memori penuh.

cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis

Ada banyak sekali penyebab yang mengakibatkan memori hp kita penuh diantaranya sampah di hp sudah terlalu banyak, ada backup an aplikasi di memori internal, semakin membersarnya kapasitas memori untuk suatu aplikasi.

Baca juga : 7 Aplikasi edit foto di Android terbaik

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis

1. Hapus aplikasi bawaan pada HP

Apabila kalian membeli hp baru atau mereset pabrik hp anda pastinya akan ada aplikasi bawaan pada hp anda. Mungkin anda tidak akan memerlukan aplikasi-aplikasi tersebut pada hp. Lebih baik anda hapus saja aplikasi-aplikasi bawaan tersebut untuk menambah ruang pada hp atau smarthphone anda sehingga dapat untuk diisi aplikasi-aplikasi yang menurut anda penting.

2. Pindahkan data di memori internal ke ekternal

Apabila sekiranya memori penuh di smartphone anda di akibatkan oleh aplikasi atau data yang terdapat di memori internal anda dapat memindahkannya ke memori eksternal agar kapasitas memori internal menjadi lega kembali yaitu dengan cara.

Buka pengaturan pada hp anda masing-masing, selanjutnya pilih Apl di Apl akan terlihat aplikasi apa saja yang terdapat pada hp anda. Pilih salah satu aplikasi tersebut. Lalu, klik tulisan move to SD card atau pindah ke kartu SD. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut maka aplikasi anda sudah terpindah ke memori eksternal.

3. Menghapus file sampah atau Cache

Cache merupakan file sampah yang terdapat di smarthphone anda, sampah tersebut berasal dari file yang anda buka pada akun game atau media sosial anda. Jika sampah banyak dan mengakibatkan memori hp penuh itu dapat menggangu jalannya smarthpone anda.

Cara menghapus file sampah itu sangatlah gampang yaitu degan cara masuk ke ‘Pengaturan’ lalu pilih ‘Penyimpanan’ klik pada ‘Data Dalam Cache’ lalu tekan ‘Oke’ maka data sampah pada hp anda akan otomatis terhapus. Namun jika anda tidak ingin melakukan hal tersebut anda bisa menggunakan aplikasi pihak ke 3 seperti cc cleaner, clean master, dan masih banyak lagi.

4. Gunakan memori eksternal

Memori eksternal dapat anda gunakan untuk menghemat ruang penyimpanan di hp anda. Memori eksternal dapat anda gunakan untuk menyimpan data berupa video-video atau foto yang sekiranya ukurannya cukuplah besar dan memakan ruang pada memori internal.

5. Backup data

Jika di Smartphone anda terdapat data yang cukup besar berupa video ataupun foto lebih baik kalian backup data tersebut ke Google Drive ataupun Komputer di rumah anda. Setelah anda backup data tersebut anda dapat hapus file tersebut di hp anda untuk membuat ruang di smartphone anda semakin besar dan dapat anda gunakan untuk menginstall aplikasi yang anda perlukan.

Baca juga : 10 Software edit foto terbaik di pc

6. Dengarkan musik secara online

Yup, cara ini mungkin akan berpengaruh pada penyimpanan karena jika anda menggunakan aplikasi seperti joox, spotify atau aplikasi lainnya anda akan menggunakan kuota internet. Jika anda sudah menggunakan aplikasi itu lebih baik musik yang ada pada hp di hapus saja karena dapat menghemat penyimapan.

7. Hapus video offline pada YouTube anda

Cara yang terkahir adalah Hapus video offline pada YouTube. Video yang anda download di YouTube itu akan menjadikan video itu menjadi offline, dengan menjadi offline tersebut dapat anda tonton dengan tidak menggunakan kuota.

Namun, dengan anda mendownload video tersebut, itu akan mengakibatkan memori internal anda cepat habis. Anda dapat menghapus video offline itu di YouTube dengan cara. Masuk ke aplikasi YouTube, lalu pilih koleksi, selanjutnya pilih hasil Download, di hasil download itu anda dapat menghapusnya 1 per 1.

Jika kalian ingin membaca artikel inspiratif lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com