Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

4 min read

cara reset hp samsung

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang – Ketika kita memiliki telepon pintar atau biasa disebut dengan sebutan smartphone maka kita sudah tidak asing dengan yang namanya aplikasi.

Aplikasi biasanya selalu menghiasi Hp Android maupun iOS karena dapat memudahkan pengguna, banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menarik yang dapat di pasang.

Namun terkadang ketika kita ingin memasangnya mengalami kendala seperti aplikasi tidak terpasang dan lain sebagainya, sebelum mengetahui cara mengatasinya mari kita bahas apa yang menyebabkan aplikasi tidak terpasang.

Baca juga : Cara Mudah Mematikan Suara Kamera Iphone

Penyebab Aplikasi Tidak dapat Terpasang atau Terinstall

1. Memori Penuh, Memori yang penuh pastinya menjadi penyebab utama dari tidak dapatnya menginstall aplikasi, karena apabila Hp kamu memiliki penyimpanan yang penuh maka aplikasi baru yang ingin di install akan tidak memiliki tempat di memori.

2. File rusak, Apabila kamu menginstall sebuah aplikasi dari sumber yang tidak resmi pasti hal ini sering terjadi, karena biasanya di tempat tidak resmi akan kurang adanya update yang menyebabkan file usang atau bahkan file rusak yang pastinya tidak akan bisa diinstall di Hp kamu.

3. Aplikasi not kompatibel, Arti dari hal itu adalah bahwa aplikasi tidak dapat terinstall di Hp kamu karena tidak mencukupi spesifikasi yang direkomendasikan oleh penyedia aplikasi tersebut.

4. RAM Terlalu Penuh, RAM sangatlah berpengaruh sangat besar terhadap perangkat Hp, Apabila kamu sedang coba mengisntall dan menjalankan aplikasi lain yang berat maka install an tersebut dapat berhenti karena tidak muat lagi ditampung oleh RAM atau bisa dibilang juga terjadi crash pada aplikasi installer tersebut.

Berikut ini Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

1. Restart HP

restart hp

Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan Restart Hp atau mulai ulang Hp kamu. Cara ini akan mereset ulang sistem yang sudah berjalan sebelumnya yang membuat Hp kamu akan lancar kembali.

Mungkin yang menyebabkan aplikasi gagal terinstall adalah sistem yang sudah penuh yang mengakibatkan ngelag atau macet-macet maka cara ini bisa dibilang cukup ampuh untuk dilakukan. Cara untuk melakukan hal ini cukup mudah yaitu :

Baca juga : Cara Setting APN HP Samsung

  • Pertama tekan lama tombol power yang ada di Hp.
  • Kemudian akan muncul beberapa opsi, pilih Restart atau Mulai ulang.
  • Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu hingga Hp hidup kembali.

2. Cek Penyimpanan

aplikasi tidak terpasang

Penyimpanan sangat berpengaruh terhadap perangkat Hp karena apabila sudah sangat penuh maka tidak akan ada ruang lagi yang dapat ditempati untuk aplikasi baru yang ingin kamu install.

Untuk kamu yang ingin mengeceknya kamu bisa menuju File Manager yang ada di setiap Hp kamu karena biasanya akan tersedia total pemakaian dari memori dan sisa yang dapat digunakan.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menghapus file yang sudah tidak berguna yang ada di Hp seperti video, dokumen, foto-foto yang mungkin tidak akan terpakai lagi.

Atau apabila kamu memiliki perangkat lain seperti laptop dan Hp lain kamu bisa memindahkannya ke perangkat tersebut dan akan membuat perangkat yang penuh tadinya tidak akan penuh lagi, dan bisa diinstall aplikasi baru.

3. Aktifkan Unknown Resource

unknown sources

Unknow Resaoruce adalah sumber yang tidak dikenal yang apabila tidak diaktifkan maka kamu tidak dapat menginstall aplikasi-aplikasi yang kamu download dari Google atau meminta teman yang berbentuk APK saja.

Berikut ini cara mengaktifkan Unknown Resource agar bisa mengisntall aplikasi dari sumber yang tidak dikenal :

  • Masuk ke Pengaturan atau Setting.
  • Selanjutnya masuk ke bagian Keamanan.
  • Centang pada bagian Install aplikasi yang tidak dikenal.
  • Dan Hp kamu sudah bisa mengisntall aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.

Untuk membuat Hp kamu aman lagi apabila sudah menginstall aplikasi dari sumber yang tidak dikenal maka langkah selanjutnya adalah mematikan fitur ini kembali.

4. Hapus Sampah atau Cache Playstore

Cara ini bisa sangat ampuh apabila sering terjadinya aplikasi tidak terpasang di Hp kamu. Cara ini dapat kamu lakukan dengan mudah dan pastinya cukup cepat, berikut ini caranya :

  • Langkah pertama masuk ke Setelan atau Pengaturan.
  • Setelah itu cari menu Aplikasi atau Aplikasi Terinstal.

aplikasi tidak terpasang

  • Kemudian cari aplikasi Google Playstore.

hapus cache

  • Ketika sudah ketemu kamu bisa scroll sampai bawah.
  • Dan klik pada tombol Hapus Cache.

aplikasi tidak terpasang

5. Periksa Versi Aplikasi

Versi Aplikasi sangatlah berpengaruh terhadap suksesnya terinstall aplikasi di Hp ataukah tidak, karena apabila Hp kamu sudah cukup lama dan aplikasi tersebut tidak bisa di Hp yang sudah lama maka otomatis tidak akan bisa terinstall.

Untuk hal ini sebelum kamu coba untuk menginstall aplikasi maka kamu harus mengecek aplikasi tersebut bisa di Hp kamu ataukah tidak.

6. Unistall Aplikasi Tidak Terpakai

Terlalu banyak aplikasi pastinya membuat Hp penuh pada memorinya yang membuat Hp tersebut tidak akan bisa menyimpan aplikasi baru yang ingin kamu install.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menghapus atau mengunistall aplikasi-aplikasi yang sekiranya sudah tidak terpakai lagi agar membuat penyimpanan Hp kamu bisa untuk menginstall aplikasi baru lagi. Berikut ini cara untuk mengunistall aplikasi :

  • Langkah pertama masuk ke Setelan atau Pengaturan.
  • Setelah itu cari menu Aplikasi atau Aplikasi Terinstal.
  • Kemudian cari aplikasi yang sudah tidak terpakai.
  • Setelah itu klik pada Copot pemasangan.

unistall aplikasi

  • Maka aplikasi akan otomatis terhapus.

7. Reset Pabrik Hp atau Factory Reset

aplikasi tidak terpasang

Cara ini akan memulai ulang Hp kamu seperti baru yang artinya mengembalikan setingan yang ada di Hp kamu menjadi seperti awal dibeli yang masih bersih dan hanya tersedia aplikasi bawaannya saja.

Dengan cara ini kamu bisa menginstall aplikasi-aplikasi yang diingikan karena memori sudah longgar dan juga Hp akan tampak lebih fresh dan lancar dimainkan.

Disetiap merknya pastinya memiliki caranya sendiri jadi kamu bisa mengecek google bagaimana caranya sesuai merk dari Hp atau kamu bisa mengecek buku panduan dari Hp.

8. Nonaktifkan Google Play Protect

Google Play Protecet bisa menjadi masalah utama yang mengakibatkan Hp kamu tidak dapat menginstall aplikasi baru yang diinginkan.

Apabila aktif Google Play Protect akan memblokir segala aplikasi yang coba kamu install dari sumber tidak resmi dan tidak ada aplikasi tersebut di Google Playstore.

Untuk kamu yang ingin mencoba menonaktifkan Google Play Protect ini kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah pertama buka aplikasi Playstore yang ada di ponsel.
  • Kemudian klik garis 3 yang ada di pojok kiri atas.
  • Setelah itu akan terlihat tulisan Play Protect maka kamu bisa mengkliknya.

aplikasi tidak terpasang

  • Pada menu Play Protect tersebut klik pada icon Pengaturan yang ada di pojok kanan atas.
  • Setelah itu pada bagian Scan device for security threats atau Pindai perangkat untuk ancaman keamanan, geser ke kiri hingga muncul notifikasi.

aplikasi tidak terpasang

  • Pada notifikasi tersebut kamu bisa mengklik pada bagian OK.
  • Ketika sudah berhasil mengisntall aplikasi, jangan lupa untuk menghidupkan kembali agar Hp kamu terlindungi kembali.

9. Install Aplikasi Melalui Sumber Resmi

playstore

Terkadang seseorang coba menginstall aplikasi dari sumber yang tidak resmi seperti melalui download-download an ilegal yang melalui link tidak dikenal.

Hal itu dapat membuat aplikasi tersebut tidak dapat terinstall di Hp kamu yang akan menjadi gagal terus-menerus.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mencari aplikasi yang diinginkan dari sumber resmi seperti Playstore atau Appstore dan melakukan install aplikasi melalui sumber resmi tersebut, maka aplikasi yang kamu inginkan akan mudah terinstall.

10. Periksa Versi HP

Versi OS atau Sistem Operasi yang ada di HP sangatlah berpengaruh untuk berhasil atau tidaknya dalam menginstall sebuah aplikasi kedalam Hp.

Karena aplikasi-aplikasi sekarang ini sudah menggunakan OS yang terbaru agar dapat menginstall aplikasinya, jadi apabila Hp kamu masih menggunakan OS lama maka akan kecil kemungkinan dapat menginstall aplikasi terbaru.

Sekian artikel mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com