Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi Android

1 min read

Mematikan update otomatis aplikasi pada Google Play Store sangatlah membantu untuk menghemat kuota pada HP kita.

Update otomatis aplikasi android cukuplah mengganggu apabila kita sedang tidak memiliki kuota karena akan menyedot kuota kita yang cukup banyak.

Para pengguna HP baik yang sudah tua maupun muda terkadang bingung kemana kuota mereka cepat habis padahal baru saja beli.

Update aplikasi sendiri pastinya tidak sedikit berkisar dari MB(Megabyte) dan bisa sampai GB (Gigabyte) untuk itu anda harus mematikan update otomatis tersebut.

Selain mengambil kuota kita yang cukup banyak dengan adanya update otomatis juga dapat berakibat dengan memori perangkat penuh.

Tanpa disadari oleh para pengguna Smartphone dengan update otomatis pada aplikasi pastinya membuat aplikasi tersebut membesar.

Baca juga : Cara Update Google Play Store

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi Android

Mematikan update otomatis pada aplikasi merupakan suatu langkah yang bisa dapat anda lakukan untuk mengurangi penggunaan kuota yang sia-sia.

Berikut ini cara mematikan update otomatis pada aplikasi di Android :

Langkah Pertama : Buka Aplikasi Play Store

Pertama yang perlu anda lakukan adalah membuka aplikasi Play Store yang ada di HP Android anda yang biasanya sudah ada pada semua HP Android.

Langkah Kedua : Klik Logo Profil

Jika anda sudah mengupdate Play Store maka icon 3 baris sudah hilang dan berganti ke logo profile yang berguna untuk menuju menu Setelan.

Langkah Ketiga : Ke Menu Setelan

Selanjutnya ketika sudah menekan logo profile yang berada di pojok kanan atas maka selanjutnya adalah menekan menu Setelan.

Langkah Keempat : Masuk ke Preferensi Jaringan

mematikan update otomatis aplikasi

Setelah menu Setelan sudah berhasil dibuka nantinya akan banyak sekali menu anda hanya perlu memilih menu Preferensi Jaringan.

Langkah Kelima : Ubah Jaringan

mematikan update otomatis aplikasi

Untuk mengubah jaringan anda perlu menekan pada menu Update aplikasi secara otomatis, dan selanjutnya memilih menu Jangan update aplikasi secara otomatis, kemudian tekan OK.

Dengan cara tersebut maka aplikasi-aplikasi anda tidak akan melakukan update secara otomatis baik dengan Wi-Fi ataupun data selular.

Baca juga : Cara Mengatasi Sayangnya Layanan Google Play Telah Berhenti

Namun jika anda ingin otomatis update ketika hanya menggunakan jaringan dari Wi-Fi maka anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Pertama buka aplikasi Play Store.
  2. Kemudian masuk ke menu Setelan dengan cara klik logo profile yang ada dipojok kanan atas kemudian pilih Setelan.
  3. Setelah itu pilih Preferensi jaringan untuk memilih jaringan apa yang digunakan untuk update otomatis.
  4. Klik pada Update aplikasi secara otomatis, dan terakhir pilih Hanya melalui Wi-Fi, terakhir tekan OK.
    mematikan update otomatis aplikasi

Dan dengan cara tersebut yang sebelumnya update menggunakan jaringan apapun sekarang hanya dengan menggunakan jaringan Wi-Fi.

Baca juga : Cara Memperbarui Layanan Google Play Service

Akhir Kata

Playstore merupakan sebuah aplikasi yang sangat penting ketika kita menggunakan HP yang berjenis Android.

Dengan adanya Playstore pastinya kita akan terbantu ketika ingin menginstall berbagai macam aplikasi tanpa takut adanya malware atau virus.

Dengan Play Store tersebut apabila ada aplikasi menyediakan sebuah update baru maka kita sebagai pengguna Play Store akan mendapatkannya.