Cara Kompres File Sekecil Mungkin dengan WinRAR

1 min read

cara kompres file winrar

Cara Kompres File Sekecil Mungkin dengan WinRAR – WinRAR merupakan suatu aplikasi yang berguna untuk menggabungkan berbagai jenis file menjadi satu jenis file saja yaitu .rar atau .zip, dengan cara ini pastinya akan membuat file tersebut terlihat rapih di folder komputer atau laptop kita.

Baca juga : Cara Menghilangkan Password Windows 10

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara memperkecil suatu file menggunakan WinRAR, maka kamu harus mengetahui fitur-fitur yang tersedia pada WinRAR, berikut ini fiturnya :

  1. WinRAR mendukung arsip .RAR dan .ZIP 2.0.
  2. Memiliki teknologi yang cukup canggih.
  3. Memiliki antar muka Shell yang memiliki fasilitas drag and drop dan Wizard.
  4. Memiliki antar muka Command Line.
  5. WinRAR mampu menangin file 7Z, ACE, ARJ, CAB, GZ, BZ2, ISO, LZH, TAR, dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah fitur-fitur yang harus kamu ketahui terlebih dahulu, apabila memang sudah mengetahui fitur-fitur yang tersedia pada WinRAR maka kali ini cara menggunakan WinRAR untuk kompres file sekecil mungkin.

Cara Kompres File Sekecil Mungkin dengan WinRAR

  1. Klik kanan pada file atau folder yang ingin di kompres, kemudian pilih Add to archive…
    cara kompres file winrar
  2. Setelah itu pada bagian Archive format pilih pada bagian RAR.
  3. Kemudian pada bagian Compression method pilih Best.
  4. Centang pada bagian Create solid archive.
  5. Pada bagian Dictionary size pilih angka yang paling besar.
  6. Jika sudah tekan pada tombol OK.
    cara kompres file winrar
  7. Tunggu hingga proses kompres selesai dan biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikannya. Apabila terlalu lama kamu bisa mengubah pada Dictionary size menjadi yang lebih kecil dan jangan lupa untuk meng Cancel terlebih dahulu.
    cara kompres file winrar
  8. Jika sudah mana WinRAR tersebut akan menutup dan akan tersedia file WinRAR yang memang kamu buat dan ukuran file biasanya akan lebih kecil.

Dengan cara diatas kamu bisa mengecilkan berbagai macam jenis file, contohnya adalah file game yang memang biasanya akan sangat besar bisa mencapai ukuran gigabytes, dengan cara ini kamu bisa menurunkannya hingga berukuran MB saja.

Baca juga : Cara Nonton Video Youtube Offline di Laptop atau PC

Penggunaan WinRAR juga sangatlah praktis karena kamu bisa langsung mengelompokkan berbagai jenis file didalam 1 WinRARnya.

Dengan ukurannya yang menjadi sangat kecil kamu akan dengan mudah untuk mentransfer file tersebut dan pastinya tidak akan membutuhkan waktu yang lama dalam memindahkan dan juga mengupload file tersebut ke dalam cloud storage.

Selain dapat digunakan untuk mengecilkan atau mengompres beberapa file menjadi satu WinRAR juga memiliki beberapa fungsi lainnya, yaitu :

  1. Memberikan password pada file .rar atau .zip.
  2. Dapat digunakan untuk membuat setup instalasi.
  3. Dan masih banyak lagi fungsi-fungsi lainnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Website Tidak Bisa di Copy

Itulah cara yang dapat kamu gunakan untuk kompres file sekecil mungkin dengan menggunakan aplikasi WinRAR, apabila kamu tertarik untuk membaca artikel lainnya kamu bisa mengunjungi Kabelkutublog.com.