Cara Cek NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) Secara Online Terbaru

2 min read

cara cek npsn

Cara cek NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) secara online atau daring dengan mudah dan terbaru 2020 – Beberapa waktu yang lalu para lulusan sekolah atau anak kelas 12 dibuat pusing karena diharuskan mengisi NPSN agar dapat mendaftar akun LTMPT. Dan banyak murid yang mencari data tersebut dengan mendatangi sekolahnya, namun murid dengan jarak ke sekolah yang cukup jauh bahkan anak rantau akan kesulitan untuk datang ke sekolah karena masalah jarak dan biaya.

Namun dengan perkembangan teknologi tersebut kini kita dapat mencari dengan mudah NPSN tersebut karena pemerintah sendiri telah menyediakan data-data tersebut secara online melalui website-website resmi dari pemerintah. Sebelum membahas bagaimana cara mencari NPSN secara online mari kita bahas pengertian dari NPSN itu sendiri.

NPSN Adalah

NPSN adalah singkatan dari Nomor Pokok Sekolah Nasional yang merupakan sebuah kode pengenal yang bersifat unik yang dapat membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya. Sistem NPSN ini juga telah menggantikan kode-kode sebelumnya yang berbeda formatnya dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

NPSN adalah kode pengenal yang ditetapkan oleh PDSP (Pusat Data Statistik Pendidikan) dan diberikan kepada satuan pendidikan (sekolah) melalui dinas pendidikan di setiap daerah masing-masing di seluruh Indonesia. NPSN dapat dimaksudkan untuk mempermudah dalam pengelolaan data satuan pendidikan.

Banyak dari kita belum mengetahui apa perbedaan dari NISN dan NPSN. Perbedaannya adalah NISN adalah sebuah kode yang hanya berlaku untuk peserta didik (siswa), sedangkan NPSN adalah sebuah kode khusus yang hanya digunakan untuk satuan pendidikan (sekolah).

Baca juga : Cara Cek NISN dan Mencari NISN [Terbaru] Secara Online Dengan Mudah

Cara Cek NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)

Mengecek NPSN sebenarnya cukuplah mudah kamu hanya perlu membuka situs resmi dari pemerintah yaitu referensi.data.kemdikbud.go.id, dan selanjutnya melakukan pencarian NPSN di situs tersebut. Apabila kamu masih tidak bisa maka kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini :

1. Buka Situs referensi.data.kemdikbud.go.id

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka situs tersebut, setelah membuka situs atau website tersebut maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, dan selanjutnya adalah klik pada bagian Data Master Pendidikan.

membuka situs NPSN

2. Membuka Menu NPSN

Apabila kamu sudah klik pada bagian Data Master Pendidikan, maka langkah selanjutnya adalah memilih pada bagian Pendidikan Dasar & Menengah.

cara cek npsn

3. Menampilkan Jumlah Data Satuan Pendidikan Per Provinsi

Apabila kamu sudah memilih menu Pendidikan Dasar & Menengah, maka akan dengan otomatis situs atau website tersebut mengarahkan ke sebuah menu yang di penuhi dengan data provinsi yang berisikan sekolah-sekolah beserta NPSN nya.

cara cek npsn

4. Pilih Provinsi

Selanjutnya adalah kamu diharuskan memilih provinsi yang ingin kamu cari, disini kabelkusutblog.com akan mencontohkan dengan menggunakan provinsi DKI Jakarta. Apabila kamu ingin memilih provinsi kamu dapat mengklik pada bagian huruf yang berwarna merah, apabila masih bingung kamu dapat melihat gambar dibawah ini.

memilih provinsi

5. Memilih Kabupaten atau Kota

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan apabila sudah memilih provinsi yang kamu tempati, maka berikutnya kamu harus menentukan atau memilih kabupaten atau kota yang ada alamat sekolah atau klik pada kabupaten atau kota dimana tempat sekolah kamu berada.

cara cek npsn

6. Memilih Kecamatan

Langkah yang keenam adalah memilih kecamatan, kamu harus memilih kecamatan tempat sekolah kamu berada. Kabelkusutblog.com disini mencontohkan memilih Kec.Kemayoran.

cara cek npsn

7. Mencari Sekolah

Setelah kamu berhasil memilih kabupaten atau kota dan berhasil memilih kecamatan dimana sekolah kamu berada maka akan tampil sebuah data sekolah di kecamatan tersebut beserta dengan NPSN nya. Kamu dapat mencari sekolah kamu dengan cara melakukan scroll atau kamu dapat memanfaatkan menu Search yang disediakan di website tersebut. NPSN yang kamu cari berada di sebelah kiri dari nama sekolah atau kamu dapat melihat gambar dibawah ini.

cara cek npsn

Menggunakan Link Alternatif

Selain website sebelumnya pemerintah juga telah memberikan website alternatif apabila link atau website sebelumnya gagal untuk digunakan. Website tersebut adalah dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, dengan menggunakan link alternatif ini kamu akan melewati langkah-langkah yang lebih singkat dari sebelumnya. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Buka situs dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka website alternatif tersebut dan akan keluar situs seperti gambar dibawah ini, situs ini memiliki tampilan yang lebih modern dan simple daripada situs sebelumnya.

cara cek npsn

2. Mencari Nama Sekolah

Setelah membuka situs alternatif untuk mencari NPSN dari pemerintah ini, berbeda dengan situs sebelumnya, kali ini kamu diharuskan mengisi nama sekolah tujuan agar bisa menemukan NPSN tujuan.

cara cek npsn

3. Menekan Tombol TAMPILKAN

Kabelkusutblog.com disini mencontohkan dengan mencari sekolah SMAN 13 Jakarta. Jika kamu sudah menuliskan nama sekolah di kotak tersebut maka langkah selanjutnya adalah menekan tombol dibawahnya yang bertuliskan TAMPILKAN.

cara cek npsn

4. Hasil Pencarian

Setelah berhasil menekan TAMPILKAN maka akan otomatis data mencari sekolah yang kamu cari tersebut dan akan muncul seperti tampilan di bawah ini. Letak dari NPSN yang kamu cari adalah di sebelah kanan dari nama sekolah.

hasil pencarian NPSN

Demikian artikel mengenai Cara Cek NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) Secara Online Terbaru, Jika kalian ingin membaca artikel Inspiratif, Tutorial lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com