Cara Cek NISN Berdasarkan Nama Secara Online Terbaru 2022

2 min read

cara cek nisn

Cara cek NISN secara online dengan mudah untuk siswa SD, SMP, SMA / SMK – NISN merupakan singkatan dari Nomer Induk Siswa Nasional. Ketika kamu atau anak kamu memasuki jenjang sekolah SD pastinya akan langsung mendapatkan NISN yang di berikan di SD.

Pengertian, Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan sekolah Indonesia di Luar Negeri.

NISN terdiri dari 10 angka yaitu 3 angka di awal yaitu tanggal lahir semisal contoh kamu lahir pada tahun 2000 maka 3 angka awal di NISN kamu adalah 000. Setelah itu 7 angka di akhir itu adalah angka unik yang di berikan oleh pemerintah yang dilakukan secara otomatis menggunakan mesin komputer yang tersedia di layanan pusat NISN.

Baca juga : Cara Cek NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) Secara Online Terbaru

Cara Cek NISN Secara Online

Kamu dapat mengeceknya dengan mudah yaitu dengan mengunjungi situs yang sudah di sediakan pemerintah yaitu Berdasrkan NISN dan apabila kamu ingin mencari NISN berdasarkan nama kamu bisa menuju link Berdasarkan NAMA Disini. jika anda ingin mengceknya atau mencari NISN, web tersebut menyediakandua cara yaitu berdasarkan NISN dan yang kedua berdasarkan Nama siswa.

Berdasarkan NISN siswa :

Jika kamu ingin menggunakan cara ini cukuplah mudah, berikut ini caranya :

cara cek nisn
  1. Buka atau kunjungi situs resmi untuk mengecek NISN kamu yaitu https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/.
  2. Masukkan NISN kamu
  3. Selanjutnya masukkan Nama Ibu Kandung kamu
  4. Selanjutnya kamu diharuskan mengisikan Kode Captcha dengan benar, perhatikan besar dan kecilnya huruf pada bagian kotak diatasnya.
  5. Jika sudah mengisikan 3 hal sebelumnya kamu dapat mengklik tombol Cari Data, dan jika benar akan menuju halaman selanjutnya yang menampilkan data Info siswa yang terdiri dari NISN, Nama, Jenis Kelamin, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan juga keterangan Status Aktif.

Hasil :

cara cek nisn

Cek NISN Berdasarkan Nama siswa :

Cara kedua ini berguna jika kamu lupa berapa angka dari NISN kamu, berikut ini caranya :

cara cek nisn
  1. Buka atau kunjungi situs resmi untuk mengecek NISN kamu, apabila kamu ingin mencari dengan nama maka kamu harus mengunjungi link berikut ini : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama atau bisa Disini.
  2. Isikan Nama kamu.
  3. Selanjutnya isi Tempat Lahir.
  4. Masukkan Tanggal Lahir kamu.
  5. Selanjutnya masukkan Nama Ibu.
  6. Selanjutnya kamu diharuskan mengisikan Kode Captcha dengan benar, perhatikan besar dan kecilnya huruf pada bagian kotak diatasnya.
  7. Jika sudah mengisi biodata sebelumnya kamu dapat mengklik tombol Cari Data yang tersedia disitus tersebut, jika semua data benar itu akan menuju ke halaman selanjutnya yang berupa data yang berisikan NISN, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, dan juga keterangan Status Aktif.

Hasil :

hasil cek menggunakan nama

Tujuan & Manfaat NISN

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa ( peserta didik ) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan bekesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti : Bantuan Opersional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Demikian cara mengecek NISN dan tujuan dan manfaat NISN, sangat mudah bukan kamu tinggal masuk ke link resmi cek NISN dan melakukan langkah-langkah di atas dan akan muncul data diri kamu.

Jika kalian ingin membaca artikel Inspiratif, Tutorial lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com