Cara Membuat Barcode Secara Online

2 min read

cara membuat barcode

Cara membuat Barcode secara online – Di zaman modern saat ini barcode menjadi keperluan semua pihak karena membantu dari segi kecepatan dan kemudahan, saat ini banyak sekali situs-situs yang menyediakan pembuatan barcode dengan gratis dan mudah yang hanya kamu perlukan yaitu jaringan internet untuk membukanya.

Pada pengertiannya Barcode adalah susunan garis vertikal hitam dan putih dengan ketebalan yang berbeda beda, kegunaan dari barcode ini adalah membantu kamu dalam menyimpan data-data sepesifik seperti harga, tanggal kadaluwarsa, dan masih banyak lainnya.

Selain yang tebal tipis kini barcode memiliki model-model berbeda seperti titik-titik kotak yang biasa kita sebut dengan QR Code yang fungsinya hampir sama dengan barcode sebelumnya. Bedanya kamu dapat menuliskan pesan lalu membuatnya menjadi QR Code dan mengirimkan kepada orang yang kamu mau agar dia menscannya dan akan muncul pesan tersebut.

Dan apabila kamu ingin menggunakan barcode sebagai menentukan harga barang kami menyarankan kamu menggunakan barcode yang bertipe UPC-A karena barcode itu dapat kamu gunakan untuk mengiputkan harga barang dengan kode-kode unik yang telah kamu siapkan.

Baca juga :

Cara Membuat Barcode Secara Online

1. Menggunakan Situs Barcode Generator

Dengan menggunakan situs ini kamu dapat membuat berbagai macam tipe barcode mulai dari Code 128, Code 39, UPC-A, Data Matrix, dan sampai QR Code pun kamu dapat membuatnya dengan menggunakan situs ini, jika kamu ingin menggunakan situs ini kamu dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Buka situs barcode-generator.org atau kamu bisa mengklik link berikut disini.
  • Setelah situs tersebut terbuka maka akan muncul seperti tampilan dibawah ini.

barcode generator

  • Jika kamu ingin membuat barcode dengan barcode Code 128 kamu dapat mengklik pada bagian Create Free dan klik tanda panah kebawah lalu pilih Code 128.

cara membuat barcode

  • Setelah terbuka atau ke menu selanjutnya maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.

cara membuat barcode

  • Jika kamu ingin membuat barcode tersebut kamu dapat memasukkan angka-angka pada Enter data setelah angka terisi kamu dapat klik pada bagian Create Barcode, setelah itu maka dengan otomatis barcode yang kamu inginkan telah terbuat dibagian kanan pada Preview Barcode.

cara membuat barcode

  • Apabila kamu ingin mengunduhnya kamu dapat memilih tipe file yang diinginkan dan sizenya lalu klik pada bagian Download.

cara membuat barcode

  • Berikut ini apabila barcode telah diunduh atau download.

hasil barcode

Dan apabila kamu ingin menggunakan tipe barcode lain kamu dapat memilihnya kembali di Create free, dan jalankan perintah yang sama seperti di atas. Dan untuk QR Code kamu dapat memasukkan pesan tidak selalu angka.

2. Menggunakan id.qr-code-generator.com

Situs ini hanya menyediakan barcode yang berjenis QR Code atau yang biasa kita lihat yang berbentuk kotak dan memiliki garis-garis, disitus ini tersedia banyak sekali yang dapat kamu ubah menjadi QR Code seperti URL, vCard, Teks, Email, SMS, Wifi bahkan Bitcoin, dan masih banyak lainnya.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka situs atau website tersebut di id.qr-code-generator.com.
  • Setelah kamu berhasil membukanya maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

cara membuat barcode

  • Kami akan mencotohkan mengubah URL menjadi QR Code.
  • Masukkan nama URL kamu pada kotak yang tersedia di website tesebut lalu klik BUAT KODE QR, setelah itu maka akan otomatis QR Code kamu terbuat di bagian kanan.

cara membuat barcode

  • Apabila ingin mengunduh kamu dapat mengklik pada bagian UNDUH tunggu sebentar dan akan otomatis terunduh.

cara membuat barcode

  • Berikut ini hasil dari QR Code situs id.qr-code-generator.com.

hasil qr code

Sekian dari tutorial Cara Membuat Barcode Secara Online Dengan Mudah. Jika kalian ingin membaca artikel Inspiratif, Tutorial lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut : kabelkusutblog.com