Tips Memilih Model Kubah Masjid

2 min read

Tips Memilih Model Kubah Masjid

Kabelkusutblog.com | Umat muslim pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya kubah, karena hampir setiap tempat ibadah atau masjid di Indoensia maupun dunia memiliki kubah yang berada di atas dari setiap masjid tersebut.

Apabila ada masjid namun tidak ada kubahnya terasa kurang lengkap, karena kita sudah biasa melihat masjid memiliki kubah-kubah yang cukup indah untuk mempercantik tampilan dari masjid tersebut.

Setiap masjid bisanaya memiliki desain kubah yang berbeda-beda untuk menyesuaikan desain dari masjid. Dan terkadang kubah di desain dengan ciri khas tersendiri untuk membuatnya terkesan unik.

Namun perlu kita ketahui bahwa tidak boleh asal-asalan dalam menentukan desain kubah dan bahan baku pembuatannya. Apabila dilakukan dengan asal-asalan akan menyebabkan kualitas yang dimiliki kubah berkurang, kubah pun apabila kualitas kurang akan mengakibatkannya tidak bertahan lama.

Sejatinya kubah harus bertahan selama bertahun-tahun. Oleh sebab itu selain desain atau motif, kualitas kekuatan pada kubah pun harus diperhitungkan. Berikut ini kami akan sajikan beberapa tips memilih kubah yang berkualitas.

Tips Memilih Model Kubah Masjid

Tips Memilih Model Kubah Masjid

1. Motif

Motif di zaman sekarang ini adalah hal yang paling dicari karena akan memperindah dari bentuk dan memiliki keunikannya sendiri. Untuk motif kamu bisa memilih sesuai motif yang ada di daerah masing-masing, karena biasanya disetiap daerah memiliki motif khas yang bisa dipertimbangkan untuk dijadikan motif kubah.

2. Ketahanan Terhadap Cuaca

Selain motif,  yang menjadi sangat penting adalah kekuatannya terhadap terpaan cuaca. Di Indonesia sendiri memiliki dua musim yaitu panas atau kemarau dan hujan, jadi harus memilih bahan baku kubah yang cukup kuat agar tahan dari terpaan cuaca tersebut.

Apabila bahan baku yang disediakan untuk membuat kubah kurang kuat maka bisa berakibat fatal, seperti rusaknya kubah, menjadi tidak awet dalam jangka panjang, dan lain sebagainya, yang menjadikannya harus mengganti atau merenovasi kubah tersebut dengan dana yang tidak sedikit pastinya. Kita bisa lihat daftar harga kubah masjid dalam situs Anugerahkubah.co.id

3. Memilih Warna Kubah

Selain motif yang harus kita tentukan dalam memilih kubah masjid, maka warna pun tidak boleh sampai dilupakan karena warna sangatlah penting untuk membuat kubah masjid menjadi semakin indah.

Warna bisa disesuaikan tergantung tempat yang akan di buat masjid dan dipasang kubah, untuk ditempat pegunungan bisa diwarnai dengan warna hijau karena cenderung rimbun dengan pepohon yang berwarna hijau.

Dan untuk pesisir bisa diberi warna putih karena pesisir memiliki perpadauan warna putih yang dominan. Jadi kamu bisa memilih warna dengan kondisi yang berbeda-beda tergantung tempat dan musyawarah dengan masyarakat daerah tersebut sebelumnya agar saling cocok dan pas dalam pewarnaan.

4. Pemilihan Ukuran

Ukuran dari kubah masjid pastinya berbeda-beda, tergantung dari budget yang disediakan. Apabila kamu menginginkan ukuran yang besar pastinya memerlukan budget yang besar, dan sebaliknya jika ingin ukuran yang lebih kecil akan memerlukan budeget yang lebih sedikit.

Pemilihan ukuran dari kubah pun bisa menyesuaikan ukuran dari masjidnya, apabila masjid yang cukup besar ukurannya maka kubahnya pun bisa besar dan sebaliknya apabila masjid berukuran tidak cukup besar maka bisa memilih ukuran kubah yang lebih kecil.

Ketika sudah mendapatkan tips-tips memilih model kubah masjid, maka selanjutnya yang harus ditentukan adalah kontraktor yang akan bekerja untuk membangun kubah tersebut. Berikut ini tips memilih kontraktor kubah masjid.

Cara Memilih Kontraktor Kubah Masjid

1. Pastikan Sudah Profesional

Pekerja yang sudah profesional pastinya sangat amat dibutuhkan dalam membangun kubah masjid, karena agar minim dalam kesalahan dan juga hasilnya akan menjadi yang diinginkan seperti kubah yang kokoh, kuat, awet dan motif sesuai dengan kesepakatan.

2. Survei Kontraktor

Apabila menginginkan kontraktor kubah masjid yang sangat amat ahli, kamu memerlukan melakukan survei dengan melihat pekerjaan sebelumnya apakah hasilnya sama dengan yang diharapkan ataukah tidak.

Jika tidak, kamu bisa mensurvei kontraktor yang lain dengan menggunakan langkah dan cara yang sama dengan sebelumnya yaitu melihat hasil yang sudah di kerjakan oleh kontraktor tersebut, begitu terus sampai bertemu dengan kontraktor yang cocok.

3. Bertanya Ke Orang Lain

Dengan bertanya ke orang lain yang sudah memperkerjakan kontraktor untuk membangun kubah masjid, maka itu bisa membantu kita dalam menentukan kontraktor yang nantinya dipakai, kamu bisa meminta tolong kontak dari kontraktor tersebut agar bisa dihubungi oleh kamu nantinya.

Untuk hasilnya pastinya kamu bisa melihat hasil kerja kontraktor tersebut di masjid yang sebelumnya dikerjakan di tempat orang yang kamu tanya sebelumnya, dan jika sudah cocok bisa menghubungi kontraktor tersebut untuk nantinya di diskusikan.

Demikianlah tips memilih model kubah masjid dan cara mencari kontraktor yang profesional. Semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.