Pengertian SSD, Kegunaan, Kelebihan dan Kekurangannya

1 min read

pengertian SSD

Pengertian SSD, Kegunaan, Kelebihan dan Kekurangannya – Selama ini kita pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya media penyimpanan yang mungkin hampir setiap hari kita temui seperti di HP, PC, Laptop, dan perangkat lainnya.

Mungkin biasanya kita mengenal media penyimpanan yang ada di PC yaitu hanya Harddisk saja, namun sekarang ini sudah ada yang lebih baru yang dikenal dengan SSD.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan SSD

Pengertian SSD

SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive, SSD adalah sebuah penyimpanan solid-state yang menggunakan rakitan sirkuit yang terintegrasi untuk penyimpanan data secara terus-menerus.

SSD sendiri di dalamnya berbeda jauh dengan Harddisk atau HDD yang apabila SSD tidak memiliki CD atau perangkat keras sama sekali di dalamnya.

Kegunaan atau Fungsi SSD

Prinsip yang digunakan sama dengan prinsip yang ada di HDD yaitu sebagai media penyimpanan file yang ada di Laptop maupun Komputer yang memiliki berbagai macam ukuran.

Ukuran yang ada di dalam SSD pun beraneka ragam sama dengan Harddisk, bedanya SSD memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih beragam mulai dari 120GB sampai ada yang berukuran 2TB.

Ukuran tersebut nantinya tergantung dari pemakaian sobat dalam menggunakan file atau ingin menggunakannya untuk menginstall berbagai macam file.

SSD sendiri memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan HDD, perbandingan kecepatannya sendiri memiliki perbandingan sampai 8 kali, yang berarti sangatlah jauh.

SSD pun sering digunakan untuk menginstall Sistem Operasi karena dapat mempercepat booting yang ada pada Laptop maupun Komputer. Selain itu juga sering digunakan untuk tempat penyimpanan atau tempat menginstall aplikasi karena jika menggunakan SSD akan lebih cepat ketika mengoperasikan aplikasi tersebut.

Baca juga : Perbedaan SSD dan HDD

pengertian ssd

Kelebihan dan Kekurangan SSD

Setiap perangkat pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk SSD ini pastinya memiliki Kelebihan dan juga Kekurangan ketika digunakan, berikut ini kelebihan dan kekurangan dari SSD :

Kelebihan SSD

  1. SSD memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan HDD, yang membuatnya lebih ringan dan juga tidak terlalu memakan tempat.
  2. SSD tidak memiliki suara ketika di operasikan sehingga apabila digunakan untuk pekerjaan yang lebih berat tidak membuatnya berisik yang mengganggu ketika menggunakan laptop ataupun komputer.
  3. Daya listrik yang digunakan oleh SSD bisa dibilang cukup minim. Daya yang dibutuhkan oleh SSD adalah sekitar 1 Watt, berbeda dengan HDD yang membutuhkan daya sampai 10 Watt.
  4. Kecepatan yang dimiliki SSD jauh lebih cepat dibandingkan kecepatan HDD atau Harddisk.
  5. Cepat digunakan untuk rendering video.
  6. Cepat ketika digunakan untuk membuka aplikasi.
  7. Lebih Kuat.

Kekurangan SSD

  1. Harga yang lebih mahal daripada HDD, Harga SSD sendiri bisa berkali lipat lebih mahal dibandingkan dengan HDD.
  2. Memiliki batas umur, yang apabila umurnya sudah tua akan mempengaruhi daripada performanya yang akan menurun sedikit demi sedikit.

Sekian artikel mengenai Pengertian SSD, Kegunaan, Kelebihan dan Kekurangannya, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com