Manfaat Sinar Matahari Pagi

1 min read

manfaat matahari pagi

Ada banyak sekali manfaat sinar matahari pagi bagi tubuh, tidak hanya untuk anak bayi bagi orang dewasa pun ada manfaatnya terkena sinar matahari pagi. menurut para jika anda ingin berjemur di matahari pagi kalian dapat berjemur hingga pukul 9 karena pada pukul 10 sampai 3 sore sudah kurang sehat.

manfaat matahari pagi

Menurut laman wikipedia.com mengenai matahari “Matahari adalah bintang di pusat Tata Surya. Bentuknya nyaris bulat dan terderi dari plasma yang panas dan tercampur oleh medan magnet. Untuk diameter matahari adalah sekitar 1.392.684 km”.

Baca Juga : Manfaat Lari Sore Hari Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan :

  1. Meningkatkan produksi vitamin D

    Jika kalian berjemur di bawah matahari pada hari itu dapat merangsang atau memproduksi vitamin D di dalam tubuh kalian. Vitamin D juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot kalian, memelihara jantung, membuat sistem kekebalan di dalam tubuh kalian meningkat, membantu tubuh kalian dalam menyerap fosfor dan kalsium.

    Jika kalian kekurangan vitamin D kalian dapat terkena penyakit sebagai berikut : Radang Sendi, Gangguan Pernapasan, Penyakit Jantung, Dan apabila kalsium di tubuh kalian kurang kalian dapat terkena penyakit Tulang.

    Baca Juga : Manfaat Renang Bagi Tubuh

  2. Mencegah penyakit tulang

    Sinar matahari memiliki Vitamin D yang bagi bagi tulang karena memiliki kandungan kalsium dan fosfor, penyakit tulang memiliki 2 jenis yaitu Osteoporosis dan Osteomalacia.

    Untuk Osteoporosis adalah berkurangnya kepadatan dari tulang sehingga kekuatan tulang melemah bagi yang memiliki Osteoporosis tulangnya rentan untuk patah, tulang terasa nyeri.

    Untuk Osteomalacia adalah tulang yang menjadi lunak bagi yang memilkiki Osteomalacia mengakibatkan tulang menjadi nyeri pada bagian pinggul, kaki, tulang rusuk, dan punggung.

    Baca Juga : Manfaat Jogging Pagi Untuk Kesehatan

  3. Memproduksi Hormon Serotin

    Selain menghasilkan vitamin D berjemur di bawah sinar matahari juga dapat memproduksi hormon serotin. Semakin tinggi hormon serotin kalian maka semakin positif isi hari kalian dan dapat melatih fokus kalian. suasana hati yang baik dapat meningkatkan mood kalian sehingga menjalani hari-hari menjadi menyenangkan.

  4. Tidak Mudah Sakit

    Apabila kalian melakukan berjemur di bawah sinar matahari pagi kalian dapat meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh kalian sel darah putih berfungsi untuk melindungi tubuh dari virus atau infeksi.

  5. Mengobati Flu

    Apabila kalian mengalami flu atau bersin. kalian dapat berjemur di bawah sinar matahari pagi lakukan tiga kali dalam seminggu agar tubuh menjadi sehat kembali