Pengertian dan Fungsi Setiap Bagian pada Motherboard

2 min read

bagian pada motherboard

Pengertian dan Fungsi Setiap Bagian pada Motherboard – Bagi kamu yang sering membongkar pasang sebuah CPU atau Komputer pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya Motherboard, karena Motherboard sendiri merupakan bagian inti yang ada di dalam CPU.

Pengertian Motherboard

Motherboard adalah sebuah papan sirkuit yang sebagai tempat untuk komponen elektronik yang saling terhubung di PC. Motherboard sendiri merupakan bagian utama dari setiap PC karena sangat berguna untuk menyambungkan berbagai macam perangkat ke dalamnya.

Baca juga : Tombol Shortcut pada Keyboard Lengkap beserta Fungsinya

Fungsi Setiap Bagian pada Motherboard

1. Socket CPU

bagian pada motherboard

Socket CPU sendiri berguna untuk menyisipkan sebuah CPU atau Processor yang nantinya akan dibaca oleh sistem. Socket CPU memiliki dua jenis yaitu ZIF dan LIF.

LIF merupakan singkatan dari Low Insertion Force yaitu merupakan Socket CPU model lama. Sedangkan untuk ZIF singkatan dari Zero Inserion Force merupakan Socket CPU model yang paling baru.

2. North Bridge Controller

bagian pada motherboard

Norht Bridge Controller merupakan sebuah soket yang terletak di sebalah atau didekat processor. North Bridge merupakan sebuah komponen yang cukup penting yang ada di Motherboard, karena North Bridge merupakan titik fokus yang ada dari Motherboard. North Bridge terhubung dengan socket Processor, Slot RAM, dan juga slot dari AGP.

3. BIOS (Basic Input-Output System)

bagian pada motherboard

BIOS adalah hal yang paling tidak asing karena BIOS sendiri merupakan hal dasar yang dipakai motherboard dan juga sistem operasi. BIOS merupakan singkatan dari Basic Input-Output System yang berarti mengatur seluruh atau suatu komponen yang terhubung melalui Motherboard agar dapat berjalan.

Baca juga : Cara Mengetahui Bit pada Laptop

4. South Bridge Controller

south bridge

Setelah ada yang namanya Norht Bridge maka di Motherboard ada juga yang bernama South Bridge. Bagian ini merupakan bagian kutub utama, South Bridge akan terhubung dengan IDE primer dan juga sekunder, Konektor SATA, Konektro Floppy Drive, BIOS dan juga Slot PCI.

5. Slot RAM

bagian pada motherboard

Pasti semua sudah tidak asing dengan hal satu ini yaitu RAM, RAM sendiri merupakan perangkat yang membantu kinerja dari PC ataupun Laptop, RAM juga pastinya memiliki Slotnya sendiri yang terletak di dalam Motherboard yang pastinya akan terlihat dengan jelas, selain itu RAM pastinya memiliki tipe-tipe yang harus dicocokkan dengan spesifikasi dari Motherboard.

6. Slot PCI

bagian pada motherboard

PCI merupakan singkatan dari Peripheral Component Interconnect. Di Slot ini kamu bisa menyisipkan atau memasukkan Add-on Card LAN, Sound, dan apabila kamu ingin menonton TV di slot ini juga bisa kamu masukkan kabel TV Tuner.

7.  Slot AGP

slot AGP

AGP merupakan singkatan dari Accelerated Graphics Port, AGP ini digunakan untuk memasukkan sebuah AGP Card, slot ini juga berguna untuk kartu grafis yang nantinya digunakan untuk Game 3D. Posisinya sendiri terletak pada samping slot PCI.

Baca juga : Aplikasi untuk Menggabungkan Video di Android

8. Slot IDE dan SATA

bagian pada motherboard

Kedua slot ini memiliki bentuk yang berbeda namun fungsinya masih sama, yaitu sebagai penghubung Harddisk atau juga CD ROM ke dalam Motherboard. Bentuk dari Slot IDE adalah memanjang, sedangkan untuk SATA lebih kecil karena memang kabel SATA berbentuk relatif kecil.

9. Konektor Power Supply Unit

power supply

Konektor Power Supply Unit berguna untuk menyambungkan motherboard dengan power supply. Power Supply memiliki dua jenis yaitu ATX dan AT. ATX memiliki kabel yang dipasang dibagian header atau atas dan sudah di pakai di power supply model baru, sedangkan utnuk AT terdiri dari dua kabel yang nantinya dijadikan satu.

10. CMOS (Complimentary Metal Oxide Semiconductor)

CMOS

CMOS merupakan singkatan dari Complimentary Metal Oxide Semiconductro, CMOS adalah sebuah baterai yang akan memasok power pada sebuah memori yang cukup kecil pada Motherboard. Fungsinya adalah untuk menyimpan settingan pada komputer seperti waktu, jam dan lain sebagainya.

Sekian artikel mengenai Pengertian dan Fungsi Setiap Bagian pada Motherboard, apabila kamu tertarik dengan artikel lainnya di blog ini maka kamu bisa mengunjungi : Kabelkusutblog.com